Pengaruh Penggunaan Metode Karyawisata Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Mejobo Kudus.


Endah Setiyoningsih, , 3101408026 (2012) Pengaruh Penggunaan Metode Karyawisata Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Metode Karyawisata Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Mejobo Kudus.] Microsoft Word (Pengaruh Penggunaan Metode Karyawisata Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Mejobo Kudus.) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pendidikan sejarah dapat meningkatkan kesadaran sejarah untuk membangun kepribadian peserta didik. Guru sejarah harus berusaha untuk mengembangkan alternatif baru dalam proses belajar sejarah yaitu menciptakan metode pembelajaran yang menarik. Metode karyawisata adalah salah satu cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa kesuatu tempat atau objek tertentu di luar sekolah. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui kesadaran sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mejobo Kudus, 2) untuk mengetahui penerapan metode karyawisata kelas XI SMA Negeri 1 Mejobo Kudus, 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode karyawisata terhadap kesadaran sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto. Populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mejobo Kudus berjumlah 270 siswa dan sampel sebanyak 161 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan metode analisis statistik regresi sederhana. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukan bahwa penggunaan metode karyawisata termasuk pada kriteria sangat baik, yaitu dengan rata-rata sebesar 83,79%. Kesadaran sejarah termasuk pada kriteria sangat tinggi, yaitu dengan rata-rata sebesar 83,37%. Berdasarkan analisis regresi sederhana diperoleh persamaan Ŷ = 30,147 + 0,667 X dan uji keberartian persamaan regresi dengan uji F diperoleh Fhitung = 109,14 > Ftabel = 3,901. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel X terhadap variabel Y. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode karyawisata terhadap kesadaran sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mejobo Kudus. Metode karyawisata sebagai salah satu metode belajar mengajar yang harus digunakan secara intensif. Kesadaran sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mejobo Kudus harus ditingkatkan lagi dengan cara memahami dan memaknai peninggalan bersejarah yang dikunjungi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode karyawisata dan kesadaran sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:30
Last Modified: 29 Aug 2012 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14627

Actions (login required)

View Item View Item