Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Rembang tahun ajaran 2011/2012


Wahyu Dwi.Aji, 3101408007 (2012) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Rembang tahun ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Rembang tahun ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Rembang tahun ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Pendidikan karakter pada saat dirasakan sangat mendesak untuk segera diimplementasikan, pemerintah telah membuat pedoman dan sederet program untuk menunjang implementasi pendidikan karakter, Pendidikan karakter saat ini sudah mulai diintegrasikan kedalam semua mata pelajaran namun dalam kenyataannya implementasi pendidikan karakter belum berjalan maksimal dan masih mengalami banyak kendala dalam pelaksanaannya disekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) pemahaman guru Sejarah di SMA Negeri 2 Rembang mengenai Pendidikan Karakter, (2) implementasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran IPS Sejarah di SMA Negeri 2 Rembang,(3) kendala-kendala implementasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Rembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kualitatif Untuk memperoleh data digunakan metode observasi partisipatif pasif (passive participation), wawancara mendalam (in dept interview), studi dokumentasi. Untuk menguji objektivitas dan keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Triangulasi sumber berarti untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama, sedangkan triangulasi teknik berarti peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber data yang sama. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interaksi (interactive analysis models). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman guru sejarah di SMA Negeri 2 Rembang mengenai pendidikan karakter sebagian besar masih terbatas, guru-guru sejarah di SMA Negeri 2 Rembang telah memiliki pemahaman mengenai pendidikan karakter namun belum sesuai dengan pedoman pendidikan krakter. (2) dalam pelaksanaan pembelajaran implementasi pendidikan karakter belum berjalan secara maksimal sehingga masih terkesan seperti pembelajaran biasa, dalam perencanaan guru telah memasukkan nilai-nilai karakter dalam silabus dan RPP, namun dalam pelaksanaannya nilai-nilai tersebut belum diimplementasikan dalam pembelajaran, sementara dalam evaluasi masih digunakan teknik evaluasi seperti saat belum ada pendidikan karakter. (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter yaitu guru belum memiliki kompetensi yang memadai untuk mengintegrasikan nilai-niai karakter pada mata pelajaran yang diampunya. Program sudah dijalankan, sementara pelatihan masih sangat terbatas diikuti guru menyebabkan keterbatasan mereka dalam mengintegrasikan nilai karakter pada mata pelajaran yang diampunya sehinggga implementasi pendidikan karakter menjadi kurang maksimal, terlalu seditikitnya alokasi waktu juga menjadi kendala dalam pembelajaran sejarah. Kemudian kendala yang menjadi permasalahan adalah belum adanya metode yang baku dalam implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah menyebabkan guru cenderung masih menggunakan metode biasa dalam mengajar. Ditinjau dari aspek penunjang ada permasalahan berupa belum optimalnya peran dari MGMP dalam implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:24
Last Modified: 29 Aug 2012 04:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14624

Actions (login required)

View Item View Item