Eksperimen penggunaan media audiovisual Situs Patiayam terhadap minat belajar siswa pada materi kehidupan pada masa praaksara di Indonesia kelas VII SMP Negeri 4 Kudus
Karunia Rima Oki Wisudawanto, , 3101408005 (2012) Eksperimen penggunaan media audiovisual Situs Patiayam terhadap minat belajar siswa pada materi kehidupan pada masa praaksara di Indonesia kelas VII SMP Negeri 4 Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Eksperimen penggunaan media audiovisual Situs Patiayam terhadap minat belajar siswa pada materi kehidupan pada masa praaksara di Indonesia kelas VII SMP Negeri 4 Kudus)
- Published Version
Download (13kB) |
Abstract
Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 4 Kudus menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang melakukan variasi dalam proses pembelajaran. Keajegan dalam pembelajaran ini dikhawatirkan dapat menurunkan minat belajar siswa. Peneliti menggunakan media audiovisual situs Patiayam sebagai obyeknya. Pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual ini berfungsi untuk menyalurkan pesan melalui penglihatan dan pendengaran yang dapat membantu mengatasi masalah dalam proses pembelajaran, baik dalam perbedaan gaya belajar, keterbatasan daya indera, cacat tubuh dan minat belajar siswa pada khususnya. Permasalahan dalam penelitian adalah, seberapa besar minat belajar sejarah siswa yang pembelajarannya menggunakan media audiovisual dan apakah pembelajaran sejarah dengan media audiovisual situs Patiayam dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan media audiovisual dan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kudus dengan menggunakan media audiovisual situs Patiayam. Penilitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain peneltian Quasi Eksperiment pretes-postest. Dalam memilih sampel, peneliti menggunakan sistem random sampling, kemudian terpilih dua kelas yang ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar sejarah yang diajarkan dengan menggunakan media audiovisual situs Patiayam, rata-rata termasuk dalam kategori baik. Hal ini terlihat sebanyak 2 (5,88%) siswa termasuk dalam kategori cukup baik, 26 (76,47%) siswa termasuk dalam kategori baik, dan 6 (17,65%) siswa termasuk dalam kategori sangat baik, dan tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori kurang baik dan sangat tidak baik. Berdasarkan perhitungan uji perbedaan rata-rata minat belajar siswa diperoleh t = 3,048 pada α = 5 % dan dk = 66 diperoleh t(0.975)(66) = 2,00. Dengan demikian ada perbedaan yang signifikan antara minat belajar sejarah kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dengan kelas kontrol yang diberi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran biasa. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan perbedaan rata-rata diperoleh thitung = 3,048. Untuk α = 5% dan dk = 34 + 34 - 2 = 66, sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung t (0,95)(66) maka H0 ditolak yang artinya hipotesis diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual situs Patiayam dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media audiovisual, situs Patiayam, minat |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Aug 2012 02:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2012 02:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14621 |
Actions (login required)
View Item |