Efektifitas Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode Card Sort Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI MAN 2 Kudus Tahun Ajaran 2010/2011


Muhammad Saiful Ulum, 3101406023 (2011) Efektifitas Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode Card Sort Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI MAN 2 Kudus Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitas Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode Card Sort Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI MAN 2 Kudus Tahun Ajaran 2010/2011] Microsoft Word (Efektifitas Strategi Pembelajaran Aktif Dengan Metode Card Sort Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI MAN 2 Kudus Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pelajaran sejarah mempunyai tujuan yang luhur yaitu untuk menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air, bangsa dan negara. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya aktualisasi nilai-nilai nyata yaitu menumbuhkan dan mengembangkan karakter bangsa dalam pola prilaku yang nyata. Hal itu akan terwujud dengan adanya kesadaran sejarah. Kesadaran sejarah adalah kondisi kejiwaan yang menunjukkan tingkat penghayatan pada makna dan hakikat sejarah bagi masa kini dan masa yang akan datang menjadi dasar pokok bagi berfungsinya makna sejarah dalam proses pendidikan. Oleh karena itu dalam mempelajari sejarah diperlukan adanya minat belajar pada diri siswa. Maka tujuan penelitian ini adalah unuk mengetahui apakah pembelajaran sejarah dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif dengan Metode Card Sort lebih efektif dalam meningkatkan minat belajar sejarah dibandingkan dengan pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode Pembelajaran konvensional. Strategi Pembelajaran Aktif dengan Metode Card Sort merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan suatu konsep, penggolongan sifat atau mengulangi informasi yang lebih mengutamakan pada gerakan fisik yaitu dengan cara memilih kartu. Teknik ini bertujuan untuk memberikan kepada siswa untuk dapat berperan lebih aktif dalam pembelajaran serta dapat membantu untuk memberikan energi atau semangat kepada kelas yang telah letih. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Kudus dengan populasi siswa kelas XI IPS. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Eksperiment Berjenis Control Group Pretes-Postes. Di mana kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 44 siswa dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 45 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini thitung > ttable yaitu 12,536 > 1,99.Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak artinya ada perbedaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif dengan metode card sort dalam meningkatkan minat belajar sejarah dibandingkan dengan pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode pembelajaran konvensionalperbedaan minat belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Strategi Pembelajaran Aktif, Metode Card Sort, Minat Belajar
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 02:17
Last Modified: 29 Aug 2012 02:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14620

Actions (login required)

View Item View Item