Perancangan Brosur Promosi Laboratorium Komputer Grafis Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang


Erma Rulianita, 2451307037 (2012) Perancangan Brosur Promosi Laboratorium Komputer Grafis Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perancangan Brosur Promosi Laboratorium Komputer Grafis Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (Perancangan Brosur Promosi Laboratorium Komputer Grafis Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Saat ini promosi merupakan sebuah kegiatan wajib manusia yang dilakukan dengan berbagai cara dan media. Brosur merupakan salah satu bentuk promosi yang sering digunakan. Objek yang penulis tampilkan sebagai karya dalam tugas akhir ini adalah laboratorium komputer Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang. Jurusan Seni Rupa merupakan salah satu bagian dari Fakultas Bahasa dan Seni yang dimiliki Universitas Negeri Semarang. Namun dalam perkembangannya, hal-hal yang berkaitan dengan Jurusan Seni Rupa, terutama fasilitas jarang dibahas secara khusus. Kondisi tersebut oleh penulis diwujudkan dalam karya brosur, dengan harapan mampu mendorong upaya mempromosikan laboratorium komputer Jurusan Seni Rupa secara khusus. Pembuatan desain brosur tersebut bertujuan mengaplikasikan pengetahuan, ketrampilan, dan pemahaman yang diperoleh dari perkuliahan ke dalam berbagai bentuk karya yang berhubungan dengan dunia komunikasi visual, seperti kuliah Komputer Grafis 1 dalam mengaplikasikan Corel Draw, Komputer Grafis 2 dalam mengaplikasikan Photoshop, mata kuliah Nirmana, serta mata kuliah Huruf dan Tipografi dan pengaplikasiannya. Selain itu, ilmu tentang periklanan, seperti layout, gaya pesan, jenis pesan, daya tarik dan jenis lipatan brosur diterapkan pada karya tugas akhir ini. Materi untuk isi brosur didapatkan dari berbagi sumber. Di antaranya memotret langsung objek yang berkaitan serta mencari informasi baik secara tertulis maupun secara lisan. Konsep perancangan brosur yang berdasar pada angket yang disebarkan pada lulusan SMA/SMK, klien dan desainer. Melalui software Photoshop dan Corel Draw materi tersebut diolah dengan konsep yang telah ditentukan hingga menjadi brosur. Hasil akhir karya tersebut adalah lima karya dengan ukuran 30 x 21 cm, dan lima karya ukuran 20 x 21cm beserta deskripsi dan analisisnya. Setiap karya memuat informasi tentang visi dan misi Jurusan seni Rupa, informasi tentang laboratorium komputer, seperti lokasi, fasilitas dan foto laboratorium serta contoh karya mahasiswa. Pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama kuliah diterapkan dalam tugas akhir benbentuk brosur yang berjumlah sepuluh buah. Disarankan kepada pihak jurusan agar menindak lanjuti hasil desain brosur yang telah dibuat dengan mencetak dalam jumlah yang banyak dengan mesin cetak repro, sehingga dapat disebarkan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Brosur Promosi
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 02:05
Last Modified: 29 Aug 2012 02:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14617

Actions (login required)

View Item View Item