Gambar Ilustrasi sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris di SD kelas IV.


Restu Nindyasiwi, , 2401406032 (2012) Gambar Ilustrasi sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris di SD kelas IV. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Gambar Ilustrasi sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris di SD kelas IV.] Microsoft Word (Gambar Ilustrasi sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris di SD kelas IV.) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Penggunaan media gambar sangat bermanfaat bagi siswa, termasuk dalam pembelajaran bahasa Inggris. Persoalan tersebut menarik bagi penulis untuk diangkat sebagai media pembelajaran dengan judul Proyek studi “Gambar Ilustrasi sebagai Media Pembelajaran bahasa Inggris di SD kelas IV“. Penulis mencoba membuat media gambar tentang buah-buahan dan sayuran dalam bentuk pop up secara detail. Tujuan yang hendak dicapai dalam pengerjaan Proyek Studi ini adalah menuangkan gagasan penulis melalui gambar ilustrasi yang digunakan sebagai media belajar bahasa Inggris, meningkatkan kemampuan penulis dalam berkarya seni gambar ilustrasi terutama dengan menggunakan pensil warna, menghasilkan karya seni gambar ilustrasi sebagai media pembelajaran bahasa Inggris untuk anak SD kelas IV, menerapkan hasil karya pada pembelajaran bahasa Inggris di SD. Media berkarya yang digunakan penulis adalah pensil warna di atas kertas. Media-media lain adalah sebagai faktor pendukung. Proses berkarya penulis menjadi karya gambar Ilustrasi melalui tahapan-tahapan pencarian gagasan berkarya berbagai obyek, pengamatan yang memunculkan ide, pengolahan gambar sketsa menjadi gambar jadi dan finishing. Media pembelajaran berupa gambar ilustrasi ini diwujudkan menjadi bentuk pop up agar menarik karena dimanfaatkan di SD. Dalam hal ini bentuk pop up dapat dibuka dan ditutup pada sampul bagian depan gambar. Terdapat karakter tulisan yang berbeda-beda sesuai gambar tengah yaitu gambar buah-buahan dan sayuran. Secara keseluruhan dari dua puluh empat karya ilustrasi ini bersubjek buah-buahan dan sayuran yang dijadikan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris di SD kelas IV. Jumlah media buah-buahan yang dikembangkan adalah anggur, pisang, jeruk, apel, pepaya, nanas, belimbing, stroberi, semangka, manggis, mangga, apokat, tomat, dan jambu. Sementara media sayuran yang dikembangkan adalah cabai, bawang putih, bawang merah, sawi, jagung, wortel, bunga kol, kubis, terong dan mentimun yang sesuai dengan kurikulum. Keseimbangan yang digunakan kebanyakan adalah keseimbangan simetri. Dengan adanya media gambar ilustrasi berbentuk pop up diharapkan guru bahasa Inggris dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gambar Ilustrasi, Media Pembelajaran dan Bahasa Inggris
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 01:02
Last Modified: 29 Aug 2012 01:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14608

Actions (login required)

View Item View Item