Huruf Jar dalam Al-Qur'an Surat Muhammad (Studi Analisis Sintaksis Leksikal)


Dyah Rovita Sari, , 2303408003 (2012) Huruf Jar dalam Al-Qur'an Surat Muhammad (Studi Analisis Sintaksis Leksikal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Huruf Jar dalam Al-Qur'an Surat Muhammad (Studi Analisis Sintaksis Leksikal).] Microsoft Word (Huruf Jar dalam Al-Qur'an Surat Muhammad (Studi Analisis Sintaksis Leksikal).) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Huruf Jar Dalam Al-Qur'an Surat Muhammad (Studi Analisis Sintaksis Leksikal). Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Apa jenis huruf jar yang terdapat dalam Al-Qur'an Surat Muhammad?, (2) Apa makna huruf jar yang terdapat dalam Al-Qur'an Surat Muhammad?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendiskripsikan jenis huruf jar yang terdapat dalam Al-Qur'an Surat Muhammad., (2) Mendiskripsikan makna huruf jar yang terdapat dalam Al-Qur'an Surat Muhammad. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan desain penelitian library research. Data dalam penelitian ini adalah huruf jar dalam Al-Qur'an surat Muhammad. Sumber data dalam penelitian ini adalah Al-Qur'an surat Muhammad. Melalui penelitian ini peneliti menemukan 72 huruf jar yang terdapat dalam Al-Qur'an Surat Muhammad. Huruf jar tersebut terdiri dari 21 huruf min, 3 huruf ila, 5 huruf 'an, 7 huruf 'ala, 12 huruf fi, 2 huruf ba', dan 22 huruf lam. Sedangkan analisis berdasarkan makna diperoleh data sebagai berikut: (1) huruf jar min, terdiri dari 3 huruf bermakna tab'idh (sebagian), 5 huruf bermakna penjelasan 'jenis' (بَيَانُ الجِنْسِ), 1 huruf bermakna ta'lil (sebab/alasan), 1 huruf bermakna zharfiyyah (di dalam), 2 huruf bermakna bayan (menjelaskan yang masih umum), 3 huruf bermakna عِنْدَ, 1 huruf bermakna إلى (kepada), 2 huruf bermakna فَصلٌ (pemisah), dan 3 huruf bermakna ibitda' ghayah (permulaan), (2) huruf jar ila, terdiri dari 3 huruf bermakna intiha' ghayah (penghabisan/kesudahan), (3) huruf jar 'an, terdiri dari 4 huruf bermakna mujawazah (lewat) dan 1 huruf bermakna isti'laa (di atas), (4) huruf jar 'ala, terdiri dari 3 huruf bermakna isti'laa (di atas), 2 huruf bermakna fi (di dalam), 1 huruf bermakna ila (kepada) dan 1 huruf bermakna ta'lil (sebab/alasan), (5) huruf jar fi, terdiri dari 7 huruf bermakna zharfiyyah haqiqiyyah, dan 5 huruf bermakna zharfiyyah majaziyyah, (6) huruf jar ba', terdiri dari 1 huruf bermakna mushahabah (beserta) dan 1 huruf bermakna ilshaaq (menempel), dan (6) huruf jar lam, terdiri dari 12 huruf bermakna istihqaq (hak), 1 huruf bermakna ikhtishas (khusus), 2 huruf bermakna ta'lil (sebab/alasan), 2 huruf bermakna tabligh (menyampaikan), 2 huruf bermakna ila (pada/kepada), dan 3 huruf bermakna 'ala.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Huruf jar, Makna huruf jar, Al-Qur'an surat Muhammad.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 00:37
Last Modified: 29 Aug 2012 00:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14596

Actions (login required)

View Item View Item