Efektivitas Model Induktif Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis


Indah Supatriyahningsih, , 2302909032 (2012) Efektivitas Model Induktif Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Model Induktif Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis] Microsoft Word (Efektivitas Model Induktif Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Jepang di SMA pada dasarnya bertujuan agar para pembelajar dapat berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan secara sederhana dengan mempelajari empat kemampuan bahasa yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.Kemampuan menulis merupakan kemampuanyang paling akhir dikuasai pembelajar bahasa. Kemampuan ini merupakan kemampuan yang sulit dikuasai oleh pembelajar bahasa. Hal ini disebabkan karena menulis membutuhkan penguasaan berbagai unsur kebahasaan dan unsur di luar bahasa itu sendiri. Pembelajaran bahasa Jepang di SMK Gondang juga menekankan penguasaan keempat kemampuan bahasa tersebut. Salah satu aspek yang harus dikuasai siswa dengan baik adalah keterampilan menulis. Kenyataan menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa kelas XI SMK Gondang masih rendah dikarenakan siswa merasa sulit dalam penguasaan kosakata dan penerapannya dalam kalimat. Penelitian ini menekankan pada pengembangan kosakata yang telah dipelajari siswa ke dalam karangan deskripsi sesuai materi yang diajarkan untuk siswa SMA. Untuk membantu kesulitan tersebut terdapat media yang bisa digunakan seperti media kata bergambar. Berdasarkan alasan tersebut peneliti bermaksud meneliti efektivitas penggunaan media kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan mengembangkan kosakatasiswa kelas Akuntansi SMK Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan dengan metode eksperimen. Penelitian ini juga merupakan penelitian komparasi yang membandingkan kemampuan menulis sakubun deskripsi siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menulis dengan menggunakan media kata bergambar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Gondang Wonopringgo. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan menggunakan rumus Alpha Cronbach untuk menghitung reliabilitas instrumen tes. Berdasarkan hasil analisis hasil tes menunjukan bahwa nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih besar dari nilai kelas kontrol dan hasil t-test diperoleh t-hitung (4,146) lebih besar dari t-tabel (2,00). Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media kata bergambar efektif dalam meningkatan pembelajaran pengembangan kosakata ke dalam sakubun deskripsi siswa kelas Akuntansi SMK Gondang Wonopringgo tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, model induktif kata bergambar, kosakata.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 00:26
Last Modified: 29 Aug 2012 00:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14590

Actions (login required)

View Item View Item