Struktur Kalimat Resep Masakan Berbahasa Jepang


Habib.Romadlon, , 2302909002 (2012) Struktur Kalimat Resep Masakan Berbahasa Jepang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Struktur Kalimat Resep Masakan Berbahasa Jepang] Microsoft Word (Struktur Kalimat Resep Masakan Berbahasa Jepang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Dalam berbahasa kata-kata itu terangkai sesuai dengan kaidahnya sehingga membentuk rangkaian kata yang dapat mengungkapkan gagasan, perasaan, atau pikiran. Begitu juga dalam membentuk suatu kalimat disusun secara berstruktur, dalam artian suatu kalimat dibentuk oleh kata-kata atau sekelompok kata yang diletakkan atau diatur berdasarkan fungsi dan arti yang didudukinya. Dalam bahasa resep juga terdapat kalimat yang tersusun atas struktur kata-kata dan jenis kata yang mengungkapkan gagasan atau pikiran dari penulis resep. Untuk dapat mempermudah mempelajari resep yang tersedia dalam bahasa sumber, maka harus mengetahui struktur-struktur kalimat yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis tertarik untuk meneliti tentang struktur kalimat resep masakan berbahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur kalimat yang digunakan dalam resep masakan berbahasa Jepang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pustaka, yaitu metode yang berasal dari sumber tertulis. Metode ini dilakukan dengan mencermati serta mencatat data yang dianalisis dalam kartu data. Data yang dipilih berupa struktur kalimat yang diperoleh di bagian tsukuri kata yang terdapat dalam majalah resep masakan Mama Loves U vol. 3. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pilah unsur penentu, yaitu dengan menentukan struktur kalimat yang terdapat pada bagian tsukuri kata. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa dalam majalah resep masakan berbahasa Jepang Mama Loves U vol. 3 menggunakan kalimat dengan bentuk biasa dan pola kalimatnya lebih berkembang. Kemudian dari 10 resep masakan terdapat 41 struktur kalimat yang kemudian dikelompokkan menjadi 14 struktur kalimat yang dianggap memiliki struktur dasar yang sama. Serta dari enam hubungan antar bunsetsu hanya terdapat tiga macam hubungan antar bunsetsu saja, yaitu hubungan ’yang menerangkan-yang diterangkan’ hubungan subjek-predikat’ dan hubungan ’setara’.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Kalimat, Resep Masakan Jepang
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 00:23
Last Modified: 29 Aug 2012 00:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14588

Actions (login required)

View Item View Item