Evektifitas Permainan Kartu Kanji Untuk Meningkatkan Hasil Belajar


Agustina.Budiyani, , 2302407010 (2012) Evektifitas Permainan Kartu Kanji Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Evektifitas Permainan Kartu Kanji Untuk Meningkatkan Hasil Belajar] Microsoft Word (Evektifitas Permainan Kartu Kanji Untuk Meningkatkan Hasil Belajar) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Bahasa Jepang adalah bahasa yang unik. Keunikan Bahasa Jepang dapat dilihat dari beberapa aspek kebahasaan, salah satunya dari aspek huruf. Bahasa Jepang menggunakan empat jenis huruf, dari keempat huruf yang dipakai huruf Kanji adalah huruf yang dianggap sulit untuk dipelajari terutama oleh para pembelajar asing. Kesulitan ini dikarenakan Kanji mempunyai dua cara baca, selain itu setiap Kanji tidak hanya melambangkan bunyi namun juga arti. Kesulitan dalam mempelajari Kanji ini juga dialami oleh Mahasiswa Semester IV UNNES. Dari penelitian terdahulu diketahui bahwa kesulitan yang sering dialami adalah kesulitan dalam cara penulisan, memahami makna dan membaca Kanji. Selain itu diketahui pula bahwa mahasiswa memerlukan kerja tim dalam latihan belajar Kanji. Dari banyak teknik pengajaran yang dapat digunakan adalah permainan kartu Kanji, yaitu permainan menggabungkan dua buah Kanji menjadi sebuah kata (juukugo). Teknik permainan ini dipilih karena permainan melibatkan lebih dari satu orang selain itu juga bersifat menyenangkan dan santai, dengan situasi yang menyenangkan diharapkan mahasiswa akan lebih mudah dalam mempelajari Kanji. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mengetahui apakah penggunaan permainan kartu Kanji efektif untuk meningkatkan hasil belajar Kanji Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Sampel pada penelitian ini adalah Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES yang diambil secara random. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan tes. Berdasarkan analisa hasil tes diperoleh t_hitung = 3.9 dan t_tabel = 1.31. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan kartu Kanjiefektif untuk meningkatkan hasil belajar Kanji Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES, khususnya dalam membaca dan memahami makna Kanji.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Permainan Kartu Kanji, Hasil Belajar
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 00:18
Last Modified: 29 Aug 2012 00:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14585

Actions (login required)

View Item View Item