Variasi Penguatan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Prancis di Kabupaten Pekalongan


Ria.Fitrasih,, 2301408029 (2012) Variasi Penguatan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Prancis di Kabupaten Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Variasi Penguatan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Prancis di Kabupaten Pekalongan] Microsoft Word (Variasi Penguatan Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Prancis di Kabupaten Pekalongan) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Seorang guru harus memiliki keterampilan dasar mengajar untuk keberhasilan tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai guru yaitu keterampilan memberi penguatan. Hal ini berguna untuk memotivasi siswa agar tertarik pada pelajaran yang diampunya. Dalam pemberian penguatan, guru harus memperhatikan variasi penguatan yang meliputi komponen, cara penggunaan, dan prinsip penggunaan penguatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi penguatan yang diberikan guru dalam pembelajaran Bahasa Prancis di Kabupaten Pekalongan yang meliputi komponen, cara penggunaan dan prinsip penggunaan penguatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Variabel penelitian ini adalah variasi penguatan guru dalam pembelajaran Bahasa Prancis di Kabupaten Pekalongan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua guru Bahasa Prancis di Kabupaten Pekalongan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi berupa check-list komponen, cara penggunaan dan prinsip penggunaan keterampilan pemberian penguatan. Penelitian ini menggunakan validitas konstruk dan untuk mengukur reliabilitas pedoman observasi digunakan rumus korelasi product moment. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa komponen penguatan yang diberikan guru bahasa Prancis di kabupaten Pekalongan meliputi komponen kata, kalimat, mimik, pendekatan, sentuhan dan simbol. Namun guru tidak memberi penguatan dalam bentuk penguatan kegiatan. Pada dasarnya, guru menerapkan prinsip penggunaan penguatan dan memberi penguatan sesuai dengan cara pengunaan penguatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Variasi, Penguatan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Aug 2012 07:52
Last Modified: 28 Aug 2012 07:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14563

Actions (login required)

View Item View Item