PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN AKTIVITAS SECARA TERTULIS MELALUI KUNJUNGAN LAPANGAN PADA KELAS V SDN PURWOYOSO 07 SEMARANG
UNIK HERNIATI , 1402907230 (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN AKTIVITAS SECARA TERTULIS MELALUI KUNJUNGAN LAPANGAN PADA KELAS V SDN PURWOYOSO 07 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN AKTIVITAS SECARA TERTULIS MELALUI KUNJUNGAN LAPANGAN PADA KELAS V SDN PURWOYOSO 07 SEMARANG)
- Published Version
Download (427kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD harus diciptakan KBM secara aktif dan kreatif dengan memanfaatkan sarana dan sumber belajar yang ada dan didukung dengan kemampuan guru untuk menggunakan metode pembelajaran secara edukatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kunjungan lapangan. Di SDN Purwoyoso 07 Kecamatan Ngaliyan belum digunakan metode kunjungan lapangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tindakan kelas melalui kolaborasi kepala sekolah dan guru dengan menggunakan metode kunjungan lapangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mendeskripsikan aktivitas secara tertulis melalui kunjungan lapangan. Meningkatkan kemampuan mendeskripsikan aktivitas secara tertulis melalui kunjungan lapangan pada siswa kelas V SDN Purwoyoso 07 Semarang. Hipotesisnya, bila pembelajaran mendeskripsikan aktivits secara tertulis menggunakan metode kunjungan lapangan di terapkan, dapat meningkatkan kemampuan siswa mendeskripsikan aktivitas secara tertulis. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas diskriptif kualitatif model siklus dengan menggunakan langkah-langkah meliputi rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini melaksanakan tiga siklus. Setiap siklus nilai yang diperoleh siswa selalu ada peningkatan. Pada siklus I hasil rata-rata 6,75. Pada siklus II mengalami kenaikan hasil rata-rata menjadi 7,21. Selanjutnya pada siklus III mengalami perubahan yang signifikan yaitu 7,84. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Purwoyoso 07 Kecamatan Ngaliyan. Pengumpulan data dengan obsevasi partisipatif selama tindakan dan dokumen selama penelitian. Hasil penelitian tindakan kelas adalah (1) Untuk pembelajaran kemampuan mendeskripsikan aktivitas secara tertulis dibutuhkan kunjungan lapangan, (2) Kunjungan lapangan dapat meningkatkan minat dan kemampuan mendeskripsikan aktivitas secara tertulis. Model siklus melalui kunjungan lapangan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terutama mendeskripsikan aktivitas secara tertulis dapat diterapkan di SDN Purwoyoso 07 Kecamatan Ngaliyan, karena akan memberi pengalaman yang bermakna untuk siswa dan bermanfaat untuk kita semua.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Kemampuan, Mendeskripsikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 14 Apr 2011 00:35 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1455 |
Actions (login required)
View Item |