Penguasaan Kosakata Turunan (La Dérivation) Bahasa Prancis Mahasiswa Semester III Pendidikan Bahasa PrancisJurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Berdasarkan Buku Pegangan Campus 1


Norjayanti, 2301407024 (2012) Penguasaan Kosakata Turunan (La Dérivation) Bahasa Prancis Mahasiswa Semester III Pendidikan Bahasa PrancisJurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Berdasarkan Buku Pegangan Campus 1. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penguasaan Kosakata Turunan (La Dérivation) Bahasa Prancis Mahasiswa Semester III Pendidikan Bahasa PrancisJurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Berdasarkan Buku Pegangan Campus 1] Microsoft Word (Penguasaan Kosakata Turunan (La Dérivation) Bahasa Prancis Mahasiswa Semester III Pendidikan Bahasa PrancisJurusan Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang Berdasarkan Buku Pegangan Campus 1) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Kosakata diajarkan pada mahasiswa dengan tujuan agar mereka dapat mengembangkan dan menerapkannya pada berbagai keterampilan berbahasa secara tepat. Salah satu teknik yang dilakukan dosen dalam mengembangkan kosakata bahasa Prancis kepada mahasiswa adalah dengan kata turunan (la dérivation). La dérivation mulai diajarkan pada mahasiswa sejak semester I, dengan mengikutsertakannya pada semua mata kuliah pokok bahasa Prancis, terutama mata kuliah Compréhension Écrite dan menggunakan buku Campus 1 sebagai buku pegangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan mahasiswa terhadap la dérivation bahasa Prancis berdasarkan buku Campus I.Variabel dalam penelitian ini adalah penguasaan mahasiswa terhadap kata turunan bahasa Prancis. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Jurusan Bahasa dan sastra Asing, Universitas Negeri Semarang, sebanyak 33 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan rumus Spearman-Brown. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan mahasiswa termasuk dalam kategori “lebih dari cukup”. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata seluruh responden, yaitu 66, 09. Nilai tertinggi yang diperoleh mahasiswa adalah 77 yang termasuk dalam kategori “baik”, sedangkan nilai terendah yang diperoleh mahasiswa adalah 31 yang termasuk dalam kategori “gagal”. Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh responden adalah menerapkan suffiks/prefiks pada kata-kata yang bukan kata turunannya. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan lebih banyak membaca dan berlatih menerapkan suffiks dan prefiks serta menentukan kata turunan dari beberapa kosakata dalam semua tingkatan kognitif tes (pengetahuan/ingatan, pemahaman, penerapan, dan analisis).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata;La Dérivation;Campus 1
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Aug 2012 07:47
Last Modified: 28 Aug 2012 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14545

Actions (login required)

View Item View Item