Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif dengan Model Think-Talk-Write (TTW) dan Media Buklet Situs Budaya Jawa Tengah pada Siswa Kelas X-3 MA Mathalibul Huda Jepara


Lilis Maftuhah, 2101408119 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif dengan Model Think-Talk-Write (TTW) dan Media Buklet Situs Budaya Jawa Tengah pada Siswa Kelas X-3 MA Mathalibul Huda Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif dengan Model Think-Talk-Write (TTW) dan Media Buklet Situs Budaya Jawa Tengah pada Siswa Kelas X-3 MA Mathalibul Huda Jepara] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif dengan Model Think-Talk-Write (TTW) dan Media Buklet Situs Budaya Jawa Tengah pada Siswa Kelas X-3 MA Mathalibul Huda Jepara) - Published Version
Download (39kB)

Abstract

Menulis paragraf persuasif merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dipelajari dan dikuasai oleh siswa. Terdapat banyak kesulitan yang dialami siswa dalam kegiatan menulis paragraf persuasif di kelas, sehingga diperlukan proses pembelajaran yang efektif. Proses pembelajaran menulis paragraf persuasif membutuhkan latihan dan praktik yang dilakukan terus-menerus. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru bahasa dan sastra Indonesia kelas X MA Mathalibul Huda Jepara menyatakan bahwa keterampilan menulis paragraf persuasif siswa kelas X MA Mathalibul Huda Jepara masih rendah. Hal tersebut disebabkan cara mengajar guru masih konvensional. Guru masih sering menggunakan model ceramah, tidak menggunakan teori-teori tentang cara menulis paragraf persuasif yang baik dan benar, dan bimbingan guru dalam proses pengajaran sulit dipahami. Untuk memecahkan masalah ini, guru seharusnya mengubah model pengajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa yaitu dengan menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) dan media buklet situs budaya Jawa Tengah. Berdasarkan penjelasan tersebut, penelitian ini mengaji masalah, yaitu (1) bagaimanakah proses pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) dan media buklet situs budaya Jawa Tengah pada siswa kelas X-3 MA Mathalibul Huda Jepara, (2) bagaimanakah hasil peningkatan yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) dan media buklet situs budaya Jawa Tengah siswa kelas X-3 MA Mathalibul Huda Jepara, dan (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) dan media buklet situs budaya Jawa Tengah siswa kelas X-3 MA Mathalibul Huda Jepara. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsi proses pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) dan media buklet situs budaya Jawa Tengah siswa kelas X-3 MA Mathalibul Huda Jepara, (2) mendeskripsi hasil peningkatan yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) dan media buklet situs budaya Jawa Tengah siswa kelas X-3 MA Mathalibul Huda Jepara, dan (3) mendeskripsi bagaimanakah perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) dan media buklet situs budaya Jawa Tengah siswa kelas X-3 MA Mathalibul Huda Jepara. Proses pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) dan media buklet situs budaya Jawa Tengah yaitu (1) intensifnya proses internalisasi penumbuhan minat menulis paragraf persuasif, (2) terjadinya proses diskusi yang kondusif untuk membahas pemahaman awal siswa dan menentukan topik serta kerangka paragraf, (3) intensifnya proses siswa dalam mengembangkan kerangka paragraf yang telah disusun sebelumnya (write), (4) kondusifnya kondisi siswa saat memaparkan hasil pekerjaannya di depan kelas, dan (5) terbangunnya suasana yang reflektif sehingga siswa bisa menyadari kekurangan saat proses pembelajaran dan mengetahui apa yang akan dilakukan setelah proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan target nilai 75. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, baik data tes maupun nontes. Pembelajaran menulis paragraf persuasif dengan menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) dan media buklet situs budaya Jawa Tengah siswa kelas X-3 MA Mathalibul Huda Jepara sudah berjalan maksimal dan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Secara keseluruhan, kegiatan yang dilakukan pada siklus I merupakan kegiatan untuk mengukur keterampilan siswa dalam menulis paragraf persuasif, sedangkan pada siklus II digunakan untuk perbaikan dalam kegiatan menulis paragraf persuasif. Berdasarkan data tes dapat diketahui peningkatan keterampilan menulis paragraf persuasif dengan menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) dan media buklet situs budaya Jawa Tengah siswa kelas X-3 MA Mathalibul Huda Jepara yaitu sebesar 17,92. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siklus I yaitu 68,43 dan nilai rata-rata siklus II yaitu 86,35. Artinya nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf persuasif menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) dan media buklet situs budaya Jawa Tengah pada siswa kelas X-3 MA Mathalibul Huda Jepara mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil analisis data nontes juga menunjukkan adanya perubahan perilaku. Siswa kelas X-3 MA Mathalibul Huda Jepara merespons positif terhadap pembelajaran melalui model Think-Talk-Write (TTW) dan media buklet situs budaya Jawa sebagai sarana untuk menulis paragraf persuasif. Siswa semakin antusias ketika menggunakan model Think-Talk-Write (TTW) dan media buklet situs budaya Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis paragraf persuasif, model Think-Talk-Write (TTW), buklet situs budaya Jawa Tengah
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2012 02:32
Last Modified: 28 Aug 2012 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14537

Actions (login required)

View Item View Item