Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Menggunakan Model Sinektik dengan Media Koleksi Foto Pribadi Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 14 Pekalongan


Tri Yuni Setyorini, 2101408110 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Menggunakan Model Sinektik dengan Media Koleksi Foto Pribadi Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 14 Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Menggunakan Model Sinektik dengan Media Koleksi Foto Pribadi Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 14 Pekalongan] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Menggunakan Model Sinektik dengan Media Koleksi Foto Pribadi Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 14 Pekalongan) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Keterampilan menulis naskah drama siswa SMP Negeri 14 Pekalongan kelas VIII A belum dikatakan baik secara keseluruhan. Hal ini dilatarbelakangi oleh belum terealisasikannya pemanfaatan model dan media pembelajaran yang menarik oleh guru sebagai sarana untuk mempermudah pembelajaran menulis naskah drama. Siswa juga merasa tidak berbakat, tidak memiliki ide, pengetahuan siswa yang masih rendah, dan motivasi siswa yang kurang terhadap pembelajaran menulis naskah drama. Selain itu, minimnya koleksi bacaan dan wadah bagi siswa untuk melatih dan mengasah keterampilan siswa dalam menulis naskah drama juga menjadi kendala dalam menulis naskah drama. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Pekalongan dapat menggunakan model sinektiks dan media koleksi foto pribadi sebagai sarana untuk mempermudah siswa dalam proses pembelajaran menulis naskah drama. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, peningkatan keterampilan menulis naskah drama, perubahan perilaku siswa, dan tanggapan siswa mengenai menulis naskah drama menggunakan model sinektiks dengan media koleksi foto pribadi pada kelas VIII A SMP Negeri 14 Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran, peningkatan keterampilan menulis naskah drama, perubahan perilaku siswa, dan tanggapan siswa mengenai menulis naskah drama menggunakan model sinektiks dengan media koleksi foto pribadi pada kelas VIII A SMP Negeri 14 Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Pekalongan. Penelitian ini menggunakan tiga variabel, yaitu keterampilan menulis naskah drama, model sinektiks, dan media koleksi foto pribadi. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis naskah drama siswa. Adapun hasil nontes berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis naskah drama dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis naskah drama menggunakan model sinektiks dengan media koleksi foto pribadi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Peklaongan. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 74,03 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,8 atau dalam kategori baik. Pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan nilai sebesar 7,77 atau dinyatakan dalam persen sebesar 7,77%. Peningkatan keterampilan menulis naskah drama ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik. Pada siklus II kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif, siswa yang kurang termotivasi lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis naskah drama pada siklus II dan tampak serius, percaya diri, serta antusias mengikuti pembelajaran menulis naskah drama. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan yang dapat diambil adalah keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII A SMP Negeri 14 Pekalongan mengalami peningkatan dan perubahan perilaku yang positif setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan model sinektiks dan media koleksi foto pribadi. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyampaikan hasil kepada guru terutama guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Negeri 14 Pekalongan untuk menggunakan model sinektiks dan media koleksi foto pribadi sebagai alternatif model dan media pembelajaran menulis naskah drama. Bagi peneliti, disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis naskah drama dengan media dan model pembelajaran yang berbeda dan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis naskah drama, model sinektiks, media koleksi foto pribadi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2012 02:28
Last Modified: 28 Aug 2012 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14535

Actions (login required)

View Item View Item