Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam dengan Model TANDUR Berbantuan Media Gambar Keindahan Alam pada Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 24 SEMARANG Tahun Pelajaran 2011/2012


Pranoto Utomo, 2101408030 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam dengan Model TANDUR Berbantuan Media Gambar Keindahan Alam pada Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 24 SEMARANG Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam dengan Model TANDUR Berbantuan Media Gambar Keindahan Alam pada Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 24 SEMARANG Tahun Pelajaran 2011/2012] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam dengan Model TANDUR Berbantuan Media Gambar Keindahan Alam pada Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 24 SEMARANG Tahun Pelajaran 2011/2012) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa keterampilan menulis puisi keindahan alam siswa kelas VIIE SMP Negeri 24 Semarang masih rendah yaitu dengan nilai rata-rata 65. Rendahnya kemampuan menulis puisi keindahan alam pada siswa disebabkan model yang digunakan dalam pembelajaran kurang efektif. Oleh sebab itu, penelitian ini berusaha untuk mencari solusi terhadap masalah di atas melalui pembelajaran menulis puisi keindahan alam dengan model TANDUR berbantu media gambar keindahan alam. Pemilihan model TANDUR dan media gambar keindahan alam berdasar pada tuntutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang memberi kebebasan kepada guru untuk memilih model dan media yang beragam sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan paparan di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 24 Semarang menggunakan model TANDUR berbantu media gambar keindahan alam, (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIIE SMP Negeri 24 Semarang terhadap pembelajaran menulis puisi keindahan alam menggunakan model TANDUR berbantu media gambar keindahan alam. Adapun tujuannya untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa kelas VIIE SMP Negeri 24 Semarang dalam menulis puisi keindahan alam setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi keindahan alam dengan model TANDUR berbantuan media gambar keindahan alam dan untuk mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas VIIE SMP Negeri 24 Semarang setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi keindahan alam dengan model TANDUR berbantuan media gambar keindahan alam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru, siswa, peneliti, dan pembaca. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Tiap-tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah keterampilan menulis puisi keindahan alam siswa kelas VIIE SMP N 24 Semarang, sedangkan variabel penelitiannya adalah keterampilan menulis puisi keindahan alam, model TANDUR dan media gambar keindahan alam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: puisi keindahan alam, model TANDUR, media gambar keindahan alam
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2012 02:12
Last Modified: 28 Aug 2012 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14526

Actions (login required)

View Item View Item