Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis E – Learning Dengan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Purworejo Dengan Materi Pokok Trigonometri


Dewi Cahyaning Istiqomah, 4101408198 (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis E – Learning Dengan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Purworejo Dengan Materi Pokok Trigonometri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis E – Learning Dengan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Purworejo Dengan Materi Pokok Trigonometri] Microsoft Word (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis E – Learning Dengan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Purworejo Dengan Materi Pokok Trigonometri) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Rendahnya pendidikan di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya adalah perangkat pembelajaran yang belum sesuai dengan pembelajaran di sekolah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis e-learning. Model pembelajaran yang mendukung perangkat pembelajaran tersebut adalah Probing Prompting dengan mengedepankan kemandirian belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis e-learning dengan model pembelajaran Probing Prompting untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Purworejo dengan materi pokok trigonometri valid, praktis dan efektif? Penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis e-learning dengan model pembelajaran Probing Prompting yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Pengembangan dilakukan melalui fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi atau konstruksi, fase tes, evaluasi dan revisi dan fase implementasi. Hasil pengembangan menunjukkan (1) hasil validasi menunjukkan rata-rata nilai validasi (Va) silabus = 3,89, RPP = 3,92, Bahan Ajar = 3,78, LKPD = 3,56, instrumen = 4, (2) rata-rata skor keterlaksanaan pembelajaran (Kp) = 4,06 dengan kategori pembelajaran praktis, (3) rata-rata skor aktivitas peserta didik (Ap) = 3,98 dengan kategori peserta didik aktif, (4) Tes Hasil Belajar menunjukkan bahwa peserta didik tuntas belajar dengan KKM  77, (5) Guru dan peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan skor angket respon guru = 40 dengan kategori baik dan skor angket respon peserta didik = 35 dengan kategori baik, (6) rata-rata skor kemandirian peserta didik (Mp) = 4,07 dengan kategori peserta didik mandiri. Dengan demikian dihasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis e-learning dengan model pembelajaran Probing Prompting yang valid, praktis dan efektif dan perangkat pembelajaran matematika tersebut dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, e-learning, model pembelajaran Probing Prompting, kemandirian belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 22:42
Last Modified: 27 Aug 2012 22:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14496

Actions (login required)

View Item View Item