Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan CD Pembelajaran dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP N 2 Ambarawa Pada Materi Pokok Segiempat


Nur Rochmah, 4101408180 (2012) Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan CD Pembelajaran dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP N 2 Ambarawa Pada Materi Pokok Segiempat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan CD Pembelajaran dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP N 2 Ambarawa Pada Materi Pokok Segiempat] Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan CD Pembelajaran dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII SMP N 2 Ambarawa Pada Materi Pokok Segiempat) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui apakah penerapan model pembelajaran Course Review Horayberbantuan CD pembelajaran danpenerapan model pembelajaran Course Review Horayberbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi segiempat, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara keduanya. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 2Ambarawa.Sampel diambil dengan teknik random sampling.Jumlah sampel yang terpilih ada 84 peserta didik yang terbagi menjadi tiga kelas yaitu kelas eksperimen 1, kelas eksperimen 2, dan kelas kontrol. Kelas eksperimen 1 terdiri dari 30 peserta didik, kelas eksperimen 2 terdiri dari 30 peserta didik, dan kelas kontrol terdiri dari 24 peserta didik. Diperoleh hasil penelitian bahwa rata-rata tes kemampuan pemahaman konseppeserta didik kelas eksperimen 1 sebesar 89.70, kelas eksperimen 2 sebesar 83,80, dan kelas kontrol sebesar 78,33. Dari hasil uji ketuntasan belajar diperoleh peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar (individual dan klasikal). Dari hasil uji Anava dengan bantuan SPSS, nilai Sig.= 0,000 <0,05 artinya ada perbedaan rata-rata, kemudian dilakukan uji lanjut Scheffe menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara masing-masing kelas. Simpulandari penelitian ini adalah pembelajaran denganCourse Review Horay berbantuan CD pembelajaran danpembelajaran Course Review Horay berbantuan LKPD efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi pokok segiempat. Kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang memperoleh penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan CD pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang memperoleh penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan LKPD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Course Review Horay,CD pembelajaran, LKPD, kemampuan pemahaman konsep matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 22:37
Last Modified: 27 Aug 2012 22:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14494

Actions (login required)

View Item View Item