Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading an Composition (CIRC) dengan Pendekatan Open-Ended Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Salem Kab. Brebes pada Materi Pokok Trigonometri


Winaningsih, 4101408162 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading an Composition (CIRC) dengan Pendekatan Open-Ended Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Salem Kab. Brebes pada Materi Pokok Trigonometri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading an Composition (CIRC) dengan Pendekatan Open-Ended Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Salem Kab. Brebes pada Materi Pokok Trigonometri] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading an Composition (CIRC) dengan Pendekatan Open-Ended Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Salem Kab. Brebes pada Materi Pokok Trigonometri) - Published Version
Download (38kB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematik adalah kemampuan menyampaikan informasi atau mengkomunikasikan gagasan melalui pembicaraan lisan, grafik, peta, dan diagram dalam menjelaskan gagasan. Kemampuan ini dapat menolong guru memahami kemampuan peserta didik dalam menginterpretasi dan mengekspresikan pemahamannya tentang konsep dan proses matematika yang dipelajari. Oleh karena itu kemampuan ini sangat penting dalam menciptakan pembelajaran yang efektif sehingga hasil belajar peserta didik menjadi baik. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang cocok untuk mengembangkannya. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan pendekatan Open-Ended. Selain itu penggunaan media pembelajaran berupa Lembar Kegitan Peserta Didik (LKPD) juga berperan untuk menciptakan pembelajaran yang efektif untuk memenuhi ketuntasan belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Salem Kab. Brebes. Dengan teknik random sampling dari lima kelas yang ada setelah dipilih secara acak diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas X.4 (kelas control) diterapkan model pembelajaran konvensional berbantuan LKPD, dan kelas X.5 (kelas eksperimen) diterapkan model pembelajaran CIRC dengan pendekatan Open-Ended berbantuan LKPD. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan angket. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematik, sedangkan variabel bebasnya adalah model, media pembelajaran, dan motivasi peserta didik. Hasil perhitungan uji z menunjukan bahwa proporsi peserta didik kelas eksperimen yang tuntas lebih dari 75%. Selanjutnya hasil analisis uji t diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dari hasil analisis regresi skor motivasi dan kemampuan komunikasi matematik diperoleh bahwa regresi yang terbentuk adalah regresi linear sederhana dengan persamaan dan koefisien determinasi sebesar 0,2860 sehingga kemampuan komunikasi peserta didik 28,60% dipengaruhi oleh skor motivasi dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uraian tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC dengan pendekatan Open-Ended berbantuan LKPD lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional berbantuan LKPD untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematik pada materi pokok trigonometri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, CIRC, Open-Ended, LKPD, Kemampuan Komunikasi matematik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 22:35
Last Modified: 27 Aug 2012 22:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14493

Actions (login required)

View Item View Item