Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Media Facebook Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Pagerbarang Kab. Tegal Pada Materi Trigonometri
Tri Diana Wijayanti, 4101408145 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Media Facebook Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Pagerbarang Kab. Tegal Pada Materi Trigonometri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Media Facebook Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Pagerbarang Kab. Tegal Pada Materi Trigonometri)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Sejalan dengan lajunya pembangunan nasional dibidang pendidikan, pemerintah berusaha meningkatkan baik kualitas maupun kuantitas pendidikan karena pendidikan bertujuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan membentuk budi pekerti luhur peserta didik, sehingga hasil belajar merupakan salah satu indikator kualitas pendidikan. Salah satu faktor rendahnya hasil belajar adalah cara mengajar guru yang kurang tepat dengan kondisi peserta didik. Hal ini kebanyakan berhubungan dengan model pembelajaran ataupun media pembelajaran pendukung yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media facebook mencapai ketuntasan belajar, (2) apakah hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media facebook lebih baik daripada dengan model pembelajaran konvensional, serta (3) apakah ada pengaruh antara motivasi terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media facebook. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pagerbarang Kabupaten Tegal. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling, diperoleh kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik adalah metode tes. Berdasarkan hasil belajar diperoleh 88,89% peserta didik yang memperoleh pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media facebook mencapai ketuntasan. Hasil analisis hipotesis pertama menunjukan bahwa lebih dari 75% peserta didik yang diberi pelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media facebook mencapai ketuntasan. Hasil analisis hipotesis kedua menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis hipotesis ketiga menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif motivasi peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) hasil belajar peserta didik yang memperoleh pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media facebook mencapai ketuntasan, (2) hasil belajar peserta didik yang memperoleh pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media facebook lebih baik daripada pembelajaran konvensional, dan (3) motivasi peserta didik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Media Facebook, Hasil belajar, Motivasi Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 27 Aug 2012 22:29 |
Last Modified: | 27 Aug 2012 22:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14491 |
Actions (login required)
View Item |