Keefektifan Model Pembelajaran Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan CD Pembelajaran pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Dimensi Tiga Kelas X
Umi Qulsum, 4101408068 (2012) Keefektifan Model Pembelajaran Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan CD Pembelajaran pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Dimensi Tiga Kelas X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan CD Pembelajaran pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Dimensi Tiga Kelas X)
- Published Version
Download (83kB) |
Abstract
Matematika yang bersifat abstrak menyebabkan banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Penyebab lainnya adalah karena pembelajaran matematika kurang bermakna, peserta didik tidak memanfaatkan semua indera yang dimiliki, kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran, dan peserta didik kurang diberikan kesempatan untuk menemukan kembali dan mengkonstruksi sendiri ide-idenya. Pembelajaran SAVI dengan pendekatan konstruktivisme ingin melaksanakan pembelajaran yang bermakna untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Adapun permasalahan yang akan dibahas adalah (1) untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran SAVI dengan pendekatan konstruktivisme berbantuan CD pembelajaran dapat mengantarkan peserta didik mencapai ketuntasan belajar; (2) untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah pesera didik yang memperoleh model pembelajaran SAVI dengan pendekatan konstruktivisme berbantuan CD pembelajaran lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran ekspositori; (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh aktivitas peserta didik pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 12 Semarang tahun pelaajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling dan terpilih siswa kelas X3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran SAVI dengan pendekatan konstruktivisme berbantuan CD pembelajaran dan kelas X4 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Data akhir dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji proporsi dan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian setelah dianalisis sebagai berikut. Kelompok eksperimen dan kontrol memiliki rata-rata hasil belajar berturut-turut 76,31 dan 68,82. Berdasarkan uji hipotesis 1, uji ketuntasan belajar individual kelas eksperimen diperoleh > , maka diterima. Artinya, peserta didik dapat mencapai ketuntasan belajar individual. Sedangkan uji ketuntasan belajar klasikal diperoleh > . Artinya, peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar klasikal (persentase ketuntasan belajar 90,63%). Berdasarkan uji hipotesis 2 diperoleh > , maka ditolak. Artinya, rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada peserta didik kelas kontrol. Sedangkan pada uji hipotesis 3 diperoleh bahwa besarnya pengaruh aktivitas peserta didik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah adalah 73,76%. Simpulan dari hasil penelitian adalah sebagai berikut. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas ekperimen mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik daripada kelas kontrol. Besarnya pengaruh aktivitas peserta didik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah adalah 73,76%. Dengan kata lain bahwa model pembelajarn SAVI dengan pendekatan konstruktivisme berbantuan CD pembelajaran efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 12 Semarang tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran SAVI, pendekatan konstruktivisme, CD pembelajaran, , kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 27 Aug 2012 22:21 |
Last Modified: | 27 Aug 2012 22:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14488 |
Actions (login required)
View Item |