Pengaruh Motivasi dan Aktivitas Belajar pada Pembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle 5E dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Tengaran
Evi Septiyani, 4101407067 (2011) Pengaruh Motivasi dan Aktivitas Belajar pada Pembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle 5E dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Tengaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Motivasi dan Aktivitas Belajar pada Pembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle 5E dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Tengaran)
- Published Version
Download (33kB) |
Abstract
Keberhasilan di bidang pendidikan sangat ditentukan dalam proses belajar mengajar, di ataranya strategi, metode, dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar guru akan menghadapi siswa yang mempunyai karakteristik dan kemampuan yang berbeda-beda, terutama kemampuan pemecahan masalah yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, serta untuk mengetahui pengaruh motivasi dan aktivitas belajar siswa secara bersama terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tengaran. Pemilihan sampel dilakukan dengan random sampling sehingga terpilih satu kelas eksperimen. Sampel yang terdiri dari satu kelas tersebut diberi perlakuan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan pendekatan Open Ended. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan tes. Variabel independen dalam penelitian ini adalah motivasi dan aktivitas belajar siswa sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linier ganda. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh signifikan antara motivasi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yakni variasi kemampuan pemecahan masalah siswa 37,075% dipengaruhi oleh motivasi belajar. Terdapat pengaruh signifikan antara aktivitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yakni variasi kemampuan pemecahan masalah siswa 39,7218% dipengaruhi oleh aktivitas belajar. Terdapat pengaruh signifikan antara motivasi dan aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yakni variasi kemampuan pemecahan masalah siswa 46,13% dipengaruhi oleh skor motivasi dan aktivitas belajar siswa secara bersama-sama.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, motivasi, aktivitas belajar, Learning Cycle 5E, Open Ended, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 27 Aug 2012 09:38 |
Last Modified: | 27 Aug 2012 09:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14458 |
Actions (login required)
View Item |