Peningkatan Membaca Kata Berbahasa Jawa Melalui Suku Kata dengan menggunakan Media Kubus Struktur pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Kemojing 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap


Septi Susanti, , 2102408039 (2012) Peningkatan Membaca Kata Berbahasa Jawa Melalui Suku Kata dengan menggunakan Media Kubus Struktur pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Kemojing 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Membaca  Kata Berbahasa Jawa Melalui Suku Kata dengan menggunakan Media Kubus Struktur pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Kemojing 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap] Microsoft Word (Peningkatan Membaca Kata Berbahasa Jawa Melalui Suku Kata dengan menggunakan Media Kubus Struktur pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Kemojing 02 Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Membaca suku kata merupakan kemampuan membaca dasar atau membaca permulaan. Dalam hal ini siswa baru bisa mengeja huruf, menyusun huruf sehingga menjadi suku kata, dan merangkai suku kata sehingga menjadi kata. Keterampilan membaca suku kata pada siswa kelas 1 SD Negeri Kemojing 02 Binangun Cilacap masih rendah. Hal ini disebabkan oleh teknik pembelajaran yang kurang tepat dan penggunaan media yang kurang bervariasi sehingga siswa merasa bosan pada saat mengikuti pembelajaran. Peningkatan membaca suku kata perlu menggunakan media yang tepat. Media yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah media kubus struktur yang memudahkan siswa dalam membaca suku kata. Media ini diharapkan tepat dalam pembelajaran suku kata. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana peningkatan kompetensi membaca sukukata dan kata pada siswa kelas 1 SD Negeri Kemojing 02 Kec. Binangun Cilacap, (2) perubahan perilaku setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media kubus struktur. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan kompetensi membaca sukukata dan kata, (2) mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada siswa kelas I SD Negeri Kemojing 02 Kec. Binangun setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media kubus struktur. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan membaca suku kata dengan media kubus struktur. Teknik nontes berupa observasi dan wawancara. Analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang dicapai pada siklus I sebesar 69 atau dalam kategori tidak tuntas. Pada siklus II meningkat menjadi 77,4 atau sebesar 8% termasuk dalam kategori tuntas. Perubahan sikap perilaku siswa kelas 1 SDN Kemojing 02 Binangun Cilacap mengalami peningkatan kearah yang lebih baik yaitu siswa semakin aktif dan antusias dalam pembelajaran, karena siswa mulai senang dan menikmati pembelajaran membaca suku kata dengan media kubus struktur. Dari penelitian ini guru disarankan supaya lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran, serta dapat menerapkan media yang tepat ketika akan membelajarkan siswa dengan kompetensi membaca suku kata dan kata. Dengan menggunakan media kubus strukur ini dapat menumbuhkan minat siswa, sekaligus memberikan pengalaman pada siswa dalam berlatih membaca suku kata dengan mengubah perilaku siswa kearah positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca suku kata, media kubus struktur
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 07:17
Last Modified: 27 Aug 2012 07:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14431

Actions (login required)

View Item View Item