Pengaruh Penerapan Pendekatan SAVI Bervisi SETS Pada Pencapaian Kompetensi Terkait Reaksi Redoks


Muhamad Afriawan, 4301408023 (2012) Pengaruh Penerapan Pendekatan SAVI Bervisi SETS Pada Pencapaian Kompetensi Terkait Reaksi Redoks. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Pendekatan SAVI Bervisi SETS Pada Pencapaian Kompetensi Terkait Reaksi Redoks] Microsoft Word (Pengaruh Penerapan Pendekatan SAVI Bervisi SETS Pada Pencapaian Kompetensi Terkait Reaksi Redoks) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Pencapaian kompetensi terkait reaksi redoks di SMA N 1 Bawang masih rendah, hal ini dikarenakan pendekatan pembelajaran yang kurang bervariasi di sekolah yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan, serta kurang aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, dengan adanya kemajuan teknologi menuntut siswa untuk mengetahui konsep dan teori, dan juga terampil dalam menerapkan pengetahuan untuk menghadapi masalah dalam kehidupan dan teknologi, hal inilah yang belum diterapkan dalam proses pembelajaran di SMA N 1 Bawang. Agar siswa dapat lebih mudah memahami materi dan mengaitkan konsep reaksi redoks dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan dengan menerapkan pendekatan SAVI bervisi SETS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan pendekatan SAVI bervisi SETS terhadap kompetensi siswa kelas X SMAN 1 Bawang pada pokok materi reaksi redoks. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Bawang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Diperoleh sampel penelitian yaitu kelas X-A sebagai kelas eksperimen diberi pendekatan pembelajaran dengan pendekatan SAVI bervisi SETS dan kelas X-B sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran non-SAVI bervisi SETS. Penelitian dilakukan dengan memberikan perlakuan berupa penerapan metode pembelajaran pendekatan SAVI bervisi SETS dilanjutkan dengan postes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen 79 dan kelas kontrol 73. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi menunjukkan bahwa metode pembelajaran dengan pendekatan SAVI bervisi SETS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pokok materi reaksi redoks. Dari hasil analisis diperoleh rb 0,52 dengan besarnya kontribusi 27%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode dengan pendekatan SAVI bervisi SETS terhadap kompetensi siswa kelas X SMA N 1 Bawang pada pokok materi reaksi redoks, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rb) sebesar 0,52 dengan pengaruh 27 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pendekatan SAVI, Visi SETS, Kompetensi, reaksi redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 05:37
Last Modified: 27 Aug 2012 05:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14419

Actions (login required)

View Item View Item