Pengaruh Penerapan Metode Probex dengan Pendekatan Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hidrolisis Siswa Kelas XI


Hapsari Rifka Nurliana, 4301408016 (2012) Pengaruh Penerapan Metode Probex dengan Pendekatan Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hidrolisis Siswa Kelas XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Metode Probex dengan Pendekatan Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hidrolisis Siswa Kelas XI] Microsoft Word (Pengaruh Penerapan Metode Probex dengan Pendekatan Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hidrolisis Siswa Kelas XI) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Sektor pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa. Kenyataan ini membuat pemerintah selalu berupaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Namun, mutu pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu indikator rendahnya pendidikan yaitu hasil belajar. Hasil belajar yang baik menuntut pembelajaran yang baik, dan pembelajaran yang baik terjadi apabila dapat mengaktifkan siswa. Siswa tidak lagi menjadi subyek pasif melainkan aktif. Salah satu cara mengaktifkan siswa/meningkatkan aktivitas siswa yaitu dengan penerapan metode yang tepat. Selain mengandung konsep, materi pokok hidrolisis juga menuntut siswa dalam perhitungan. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode yang dapat mencakup semuanya. Metode tersebut yaitu metode probex dengan pendekatan CPS, suatu metode yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh penerapan metode probex dengan pendekatan CPS terhadap hasil belajar materi pokok hidrolisis siswa kelas XI IPA SMA 4 Magelang tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini kelas XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling menghasilkan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelompok eksperimen sebesar 82.47 sedangkan kelompok kontrol sebesar 77.53. Besarnya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif sesuai dengan koefisien korelasi biserial sebesar 0,47 dan koefisien determinasi sebesar 22.09% dengan kriteria pengaruh sedang. Pengaruh terhadap aspek afektif dan psikomotorik ditunjukkan secara deskriptif melalui rata-rata nilai kelompok eksperimen yang lebih baik dari pada kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa metode probex dengan pendekatan CPS pada pencapaian kompetensi hidrolisis berpengaruh pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, hasil belajar, metode probex, problem solving, pengaruh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 05:34
Last Modified: 27 Aug 2012 05:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item View Item