Keefektifan Virtual Laboratory terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis di SMA N 1 Demak


Evi Anisah, 4301408014 (2012) Keefektifan Virtual Laboratory terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis di SMA N 1 Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Virtual Laboratory terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis di SMA N 1 Demak] Microsoft Word (Keefektifan Virtual Laboratory terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis di SMA N 1 Demak) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Hasil observasi di SMAN 1 Demak menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis masih belum memenuhi ketuntasan belajar klasikal dengan. Oleh karena itu peneliti menerapkan Virtual Laboratory, suatu learning content dengan simulasi dan animasi yang dapat memberikan pemahaman kepada siswa tentang konsep-konsep pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Virtual Laboratory terhadap hasil belajar siswa materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis di SMA N 1 Demak dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, dimana kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen, mendapat perlakuan dengan penggunaan Virtual Laboratory dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol mendapatkan perlakuan dengan metode ceramah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, observasi dan angket. Data yang diukur adalah ketuntasan belajar dan rata-rata hasil belajar siswa serta angket respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 80,55 sedangkan kelas kontrol adalah 76,82. Persentase ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen adalah 94,74% sedangkan kelas kontrol 73,68%. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan Virtual Laboratory adalah siswa menyukai pembelajaran tersebut. Rata-rata siswa memberikan tanggapan positif (senang) terhadap masing-masing indikator yang terdapat dalam angket. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Virtual Laboratory efektif terhadap hasil belajar siswa materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis di SMA N 1 Demak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Virtual Laboratory, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 05:27
Last Modified: 27 Aug 2012 05:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14416

Actions (login required)

View Item View Item