Pengaruh Penggunaan Metode Aktif Tipe Team Quiz Berbantuan Question Card Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis di SMA Muhammadiyah Wonosobo


Septiyani Dwi Putri, 4301408008 (2012) Pengaruh Penggunaan Metode Aktif Tipe Team Quiz Berbantuan Question Card Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Metode Aktif Tipe Team Quiz Berbantuan Question Card Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis di SMA Muhammadiyah Wonosobo] Microsoft Word (Pengaruh Penggunaan Metode Aktif Tipe Team Quiz Berbantuan Question Card Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Larutan Penyangga dan Hidrolisis di SMA Muhammadiyah Wonosobo) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Penelitian tentang penggunaan metode aktif tipe team quiz berbantuan question card terhadap hasil belajar siswa kelas XI materi larutan penyangga dan hidrolisis di SMA Muhammadiyah Wonosobo telah dilakukan. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode aktif tipe team quiz berbantuan question card terhadap hasil belajar siswa kelas XI materi larutan penyangga dan hidrolisis di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen mendapat perlakuan yaitu pembelajaran dengan metode aktif tipe team quiz berbantuan question card, dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol mendapatkan perlakuan yaitu pembelajaran dengan metode konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 78,97 dan kelompok kontrol 73,53. Uji perbedaan rata-rata dengan uji t menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di mana kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia menggunakan metode aktif tipe team quiz berbantuan question card berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI.IPA materi larutan penyangga dan hidrolisis di SMA Muhammadiyah Wonosobo, Uji hipotesis diperoleh dengan analisis korelasi biserial (rb) sebesar 0,461, sehingga besarnya koefisien determinasi (KD) adalah 21,25%. Jadi besarnya kontribusi pembelajaran kimia melalui metode aktif tipe team quiz berbantuan question card terhadap hasil belajar siswa materi larutan penyangga dan hidrolisis sebesar 21,25% atau dapat dikatakan mempunyai pengaruh yang sedang terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Aktif Tipe Team Quiz, Question Card, Hasil Belajar Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 05:24
Last Modified: 27 Aug 2012 05:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14415

Actions (login required)

View Item View Item