Efektivitas Model Pembelajaran Guided discovery learning Berbantuan Smart-worksheet Ditinjau Dari Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia


Nastiti Sulistyowati, 4301408007 (2012) Efektivitas Model Pembelajaran Guided discovery learning Berbantuan Smart-worksheet Ditinjau Dari Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Model Pembelajaran Guided discovery learning Berbantuan Smart-worksheet Ditinjau Dari Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia] Microsoft Word (Efektivitas Model Pembelajaran Guided discovery learning Berbantuan Smart-worksheet Ditinjau Dari Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah kimia merupakan indikator keberhasilan dalam pembelajaran. Untuk memperoleh hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah kimia yang baik, perlu diterapkan model dan media pembelajaran yang dapat membimbing siswa dalam mengkonstruksikan pemikirannya sehingga mampu menemukan konsep untuk memecahkan permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas model pembelajaran guided discovery learning berbantuan smart-worksheet ditinjau dari hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah kimia. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Purworejo tahun ajaran 2011/2012. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling dimana diperoleh siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah dokumentasi, tes dalam bentuk pilihan ganda dan uraian, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar klasikal kelompok eksperimen sebesar 88,46% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 81,54 sedangkan ketuntasan belajar klasikal kelompok kontrol sebesar 51,85% dengan rata-rata hasil belajar sebesar 76,11. Hasil analisis aspek afektif dan psikomotorik menunjukkan rata-rata hasil belajar afektif dan psikomotorik kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Hasil analisis kemampuan pemecahan masalah kimia menunjukkan kelompok eksperimen memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kategori sangat baik dan baik sebesar 81% sedangkan kelompok kontrol sebesar 41%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan smart-worksheet efektif ditinjau dari hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided discovery learning, Smart-worksheet, Hasil belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 05:22
Last Modified: 27 Aug 2012 05:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14414

Actions (login required)

View Item View Item