Perbandingan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Dan Ekspositorik Pada Materi Pokok Larutan Asam Basa Berbasis Bahan Alam


Ema Fitriyana, 4301407053 (2011) Perbandingan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Dan Ekspositorik Pada Materi Pokok Larutan Asam Basa Berbasis Bahan Alam. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbandingan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Dan Ekspositorik Pada Materi Pokok Larutan Asam Basa Berbasis Bahan Alam] Microsoft Word (Perbandingan Strategi Pembelajaran Kreatif Produktif Dan Ekspositorik Pada Materi Pokok Larutan Asam Basa Berbasis Bahan Alam) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Hasil observasi awal terhadap rata-rata hasil belajar kimia siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Parakan tahun ajaran 2010/2011, menunjukkan tidak tercapainya KKM. Hal ini dapat diatasi dengan pemilihan strategi yang tepat, antara lain dengan strategi pembelajaran kreatif produktif berbasis bahan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diberi strategi pembelajaran kreatif produktif berbasis bahan alam dengan yang diberi strategi pembelajaran ekspositorik pada materi pokok larutan asam basa siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Parakan tahun pelajaran 2010/2011 dan apabila ada perbedaan, hasil belajar kimia mana yang lebih baik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMA Negeri 1 Parakan yang berjumlah 4 kelas, kemudian diambil 2 kelas sampel yaitu kelas XI IA 3 sebagai kelas eksperimen I, menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif berbasis bahan alam dan XI IA 2 sebagai kelas eksperimen II menggunakan strategi pembelajaran ekspositorik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random. Penelitian dilakukan dengan memberikan pre test sebelum perlakuan, dilanjutkan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan post test. Berdasarkan hasil penelitian,diperoleh rata-rata nilai pre test pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II adalah 31,63 dan 28,59. Setelah dilakukan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh hasil bahwa kemampuan awal siswa relatif sama. Sedangkan rata-rata nilai post test kelas eksperimen I adalah 78,33 dan kelas eksperimen II adalah 70,74. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama, sedangkan pada uji perbedaan dua rata-rata dua pihak dihasilkan thitung (3,822) > ttabel (2,00) yang berarti ada perbedaan yang signifikan, dengan taraf signifikansi 5%. Pada uji perbedaan dua rata-rata satu pihak kanan thitung (3,822) > ttabel (2,00) yang berarti rata-rata kelas eksperimen I lebih baik dari eksperimen II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia antara kelas yang menggunakan strategi pembelajaran kreatif produktif berbasis bahan alam dengan strategi pembelajaran ekspositorik. Saran yang diberikan adalah guru harus cermat dalam menentukan strategi pembelajaran yang akan digunakan dan strategi pembelajaran kreatif produktif berbasis bahan alam dapt digunakan pada materi pokok larutan asam basa, atau pada materi pokok lain dengan karakteristik yang hampir sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran kreatif produktif, strategi pembelajaran ekspositorik, bahan alam, larutan asam basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:49
Last Modified: 27 Aug 2012 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14384

Actions (login required)

View Item View Item