Pengembangan Bahan Ajar Mengapresiasi Cerita Anak Berwawasan Pendidikan Karakter bagi Siswa SD Kelas Tinggi


Siti Cholifah,, 2101408113 (2012) Pengembangan Bahan Ajar Mengapresiasi Cerita Anak Berwawasan Pendidikan Karakter bagi Siswa SD Kelas Tinggi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Mengapresiasi Cerita Anak Berwawasan Pendidikan Karakter bagi Siswa SD Kelas Tinggi] Microsoft Word (Pengembangan Bahan Ajar Mengapresiasi Cerita Anak Berwawasan Pendidikan Karakter bagi Siswa SD Kelas Tinggi) - Published Version
Download (17kB)

Abstract

Mendesaknya kebutuhan bahan ajar mengapresiasi cerita anak di sekolah dasar kelas tinggi a menjadi landasan dalam penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar mengapresiasi cerita anak berwawasan pendidikan karakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar mengapresiasi cerita anak berwawasan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar kelas tinggi, (2) bagaimanakah prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar mengapresiasi cerita anak berwawasan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar kelas tinggi, dan (3) bagaimanakah hasil pengujian produk bahan ajar mengapresiasi cerita anak berwawasan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar kelas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall dalam buku Sugiyono kemudian disesuaikan dengan kebutuhan yang meliputi enam tahapan, yaitu (1) survey pendahuluan, (2) awal pengembangan prototipe bahan ajar mengapresiasi cerita anak, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi dan perbaikan produk, dan (6) deskripsi hasil penelitian. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru. Hasil penelitian diperoleh analisis kebutuhan terhadap bahan ajar mengapresiasi cerita anak yang meliputi (1) siswa dan guru membutuhkan bahan ajar yang berisi materi panduan dan kumpulan cerita anak yang mengandung nilai-nilai moral, tokoh manusia yang baik hati, suasana bahagia, alur yang terdapat konflik, dan latar di pedesaan; (2) siswa dan guru membutuhkan petunjuk penggunaan buku serta penyajian materi yang menarik, runtut, dan jelas; (3) siswa dan guru membutuhkan ragam bahasa yang santai serta mudah dipahami, menarik, dan komunikatif; (4) siswa dan guru membutuhkan buku berukuran sedang dengan huruf Comic Sans MS yang berukuran besar, dan tebal >80 halaman dengan desain yang menarik; (5) siswa dan guru membutuhkan penerapan nilai karakter kecermatan, ketelitian, kesungguhan, kejujuran, kemandirian, kedisiplinan, kepedulian, keberanian, keadilan, dan sebagainya; (6) siswa dan guru memiliki harapan agar dapat mengapresiasi cerita anak dengan baik dan menginternalisasi nilai karakter pada buku dalam perilaku sehari-hari. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut, dapat disusun prinsip-prinsip penyusunan bahan ajar mengapresiasi cerita meliputi (1) bagian sampul didesain menarik; (2) buku dibuat berukuran sedang dengan ketebalan 130 halaman dan pemilihan jenis kertas dengan kualitas terbaik; (3) judul dibuat menarik dan santai; (4) isi buku disesuaikan dengan topik dengan bahasa yang mudah dipahami dan komunikatif; (5) soal latihan dan evaluasi disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa SD kelas tinggi; (6) cerita anak dibuat menarik dan disesuaikan dengan penerapan nilai karakter. Penilaian terhadap prototipe bahan ajar mengapresiasi cerita anak berwawasan pendidikan karakter oleh guru dan ahli diperoleh nilai rata-rata (1) sampul buku 77,61 dengan kategori baik; (2) bentuk buku 82,5 dengan kategori baik; (3) judul buku 81,95 dengan kategori baik; (4) isi buku 73,81 dengan kategori baik; (5) soal latihan dan evaluasi 81,25 dengan kategori baik; dan (6) unsur-unsur cerita anak dalam buku 77,08 dengan kategori baik. Perbaikan yang dilakukan terhadap buku, yaitu (1) perbaikan pada sampul buku, (2) perbaikan pada halaman pendahuluan, (3) penggantian pada bagian materi dan penggantian beberapa cerita yang kurang sesuai dengan tema pendidikan karakter, dan (4) perbaikan pada bahasa buku, yaitu penggunaan bahasa dalam penyampaian materi lebih disederhanakan dan disesuaikan dengan siswa SD kelas tinggi agar menarik, komunikatif, dan mudah dipahami siswa. Simpulan dari hasil penelitian ini, yaitu (1) bahan ajar mengapresiasi cerita anak berwawasan pendidikan karakter bagi siswa SD kelas tinggi sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru SD kelas tinggi; (2) prinsip-prinsip penyusunan bahan ajar mengapresiasi cerita ini meliputi dimensi sampul buku, bentuk buku, judul buku, isi buku, soal latihan dan evaluasi, dan unsur-unsur cerita pada buku; dan (3) bahan ajar mengapresiasi cerita anak ini mendapatkan penilaian dengan kategori baik. Saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini, yaitu (1) perlu adanya pengembangan bahan ajar yang terintegrasi pendidikan karakter, (2) para pemerhati pendidikan hendaknya dapat mengadakan pengembangan terhadap bahan ajar lain yang berkaitan dengan pendidikan karakter, dan (3) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas bahan ajar mengapresiasi cerita anak berwawasan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar, mengapresiasi cerita anak, pendidikan karakter, dan siswa SD kelas tinggi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:25
Last Modified: 27 Aug 2012 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14375

Actions (login required)

View Item View Item