Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain Melalui Teknik Pengandaian Diri Sendiri Sebagai Tokoh dalam Cerita dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas X SMA Dian Kartika Semarang


Frian Yeslia. Ardhiansih, , 2101406520 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain Melalui Teknik Pengandaian Diri Sendiri Sebagai Tokoh dalam Cerita dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas X SMA Dian Kartika Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain Melalui Teknik Pengandaian Diri Sendiri Sebagai Tokoh dalam Cerita dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas X SMA Dian Kartika Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Orang Lain Melalui Teknik Pengandaian Diri Sendiri Sebagai Tokoh dalam Cerita dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas X SMA Dian Kartika Semarang) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Pada umumnya dalam situasi resmi atau dalam proses belajar mengajar di sekolah siswa SMA masih mengalami kesulitan untuk menuliskan gagasan serta ide-ide nya dengan baik dan benar. Hal ini juga dialami oleh sebagian besar siswa SMA Dian Kartika Semarang. Kesulitan menulis cerpen disebabkan oleh dua faktor yaitu : faktor guru dan faktor siswa. Masalah-masalah yang dialami siswa meliputi sulit mengeluarkan ide-ide, kehabisan bahan, tidak tahu bagaimana memulai menuliskan sebuah cerita, dan sulit menyusun kalimat dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain melalui teknik pengandaian diri sendiri sebagai tokoh dalam cerita dengan media audio visual pada siswa kelas X SMA Dian Kartika Semarang, dan 2) bagaimana perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pengajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain melalui teknik pengandaian diri sendiri dalam tokoh cerita dengan media audio visual pada siswa kelas X SMA Dian Kartika Semarang. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan teknik pengandaian diri sebagai tokoh dalam cerita dengan media audio visual, dan 2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan teknik pengandaian diri sebagai tokoh dalam cerita dengan media audio visual. Adapun manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoretis dan praktis. Secara teoretis, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pengetahuan yang berkaitan dengan penggunaaan teknik dan media yang tepat dalam pembelajaran menulis, khususnya menulis cerpen. Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan desain tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Dian Kartika Semarang yang berjumlah 30 siswa, sedangkan variabel penelitian terdiri dari kemampuan menulis cerpen dan media audio visual. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa tes kompetensi menulis cerpen, sedangkan alat pengambilan data nontes yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan analisis data nontes dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, kompetensi menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain melalui teknik pengandaian diri sendiri sebagai tokoh dalam cerita dengan media audio visual siswa kelas X SMA Dian Kartika Semarang pada prasiklus sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 16,61%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 70,63 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,17% dengan nilai rata-rata kelas 76,37. Peningkatan kompetensi siswa dalam menulis cerpen juga diikuti dengan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Siswa menjadi lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran. Simpulan dalam penelitian ini adalah kompetensi siswa kelas X SMA Dian Kartika Semarang dalam menulis cerpen mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain melalui teknik pengandaian diri sendiri sebagai tokoh dalam cerita dengan media audio visual. Perilaku siswa juga mengalami perubahan menjadi lebih baik. Penulis menyarankan agar guru bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya lebih bervariasi dalam memilih teknik dan media pembelajaran agar siswa lebih berniat mengikuti proses pembelajaran dan tidak merasa jenuh. Salah satu alternatif dalam menggunakan media pembelajaran adalah penggunaan teknik pengandaian diri sebagai tokoh dalam cerita video klip lagu yang diputar melalui media audio visual. Siswa hendaknya memperhatikan penjelasan guru dan selalu bertanya kepada guru setiap menemukan masalah dalam proses pembelajaran. Selain itu, siswa juga harus lebih aktif dalam kelas karena hal ini dapat menunjang keberhasilan siswa dalam mempelajari setiap bidang ilmu tertentu. Saran yang ditujukan kepada peneliti lain hendaknya melakukan penelitian ini dengan menggunakan teknik-teknik lain yang lebih menarik, kreatif, dan variatif sehingga memperkaya khasanah ilmu bahasa dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Cerpen, Pengalaman Orang Lain, Teknik Pengandaian Diri Sendiri Sebagai Tokoh dalam Cerita, Media Audio Visual.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:15
Last Modified: 27 Aug 2012 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14370

Actions (login required)

View Item View Item