Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Think Pair Share dengan Menggunakan Media Poster Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Gringsing Kabupaten Batang


Sulis.Adyana, , 2101408100 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Think Pair Share dengan Menggunakan Media Poster Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Gringsing Kabupaten Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Think Pair Share dengan Menggunakan Media Poster Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Gringsing Kabupaten Batang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Think Pair Share dengan Menggunakan Media Poster Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Gringsing Kabupaten Batang) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu keterampilan bidang sastra yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Di dalam kurikulum bahasa Indonesia, kompetensi ini menunjukkan bahwa penguasaan terhadap keterampilan menulis puisi sangat penting dan sangat diperlukan. Berdasarkan observasi awal, keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Gringsing masih kurang dan belum mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan oleh sekolah tersebut. Siswa mengalami kesulitan menuangkan pikiran dan perasaannya dalam bentuk puisi. Dengan penerapan metode think pair share dan penggunaan media poster diharapkan mampu mengatasi kesulitan-kesulitan siswa dan keterampilan menulis puisi dapat ditingkatkan. Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini mengangkat permasalahan yaitu bagaimanakah kualitas pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui metode think pair share dengan menggunakan media poster siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Gringsing dan bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Gringsing serta perubahan perilakunya setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi melalui metode think pair share dengan menggunakan media poster. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui metode think pair share dengan menggunakan media poster siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Gringsing dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Gringsing serta mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah dilakukan pembelajaran melalui metode think pair share dengan menggunakan media poster. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Gringsing. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis puisi dan metode think pair share dengan media poster.Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis puisi siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis puisi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, metode think pair share, media poster.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:07
Last Modified: 27 Aug 2012 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14366

Actions (login required)

View Item View Item