Pengaruh Strategi Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan LKS Interaktif Terintegrasi Website Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Hidrokarbon


Indah Budi Utami, 4301407012 (2011) Pengaruh Strategi Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan LKS Interaktif Terintegrasi Website Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Hidrokarbon. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Strategi Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan LKS Interaktif Terintegrasi Website Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Hidrokarbon] Microsoft Word (Pengaruh Strategi Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan LKS Interaktif Terintegrasi Website Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Pokok Hidrokarbon) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran POE berbantuan LKS interaktif terintegrasi website terhadap hasil belajar kimia siswa SMA N 1 Petarukan pada materi pokok hidrokarbon. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA N 1 Petarukan. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas X.2 sebagai kelas eksperimen diberi strategi pembelajaran POE berbantuan LKS website dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol diberi strategi POE berbantuan LKS. Penelitian dilakukan dengan memberikan pembelajaran, dan diakhiri dengan post test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen 82,62 dan kelas kontrol 76,65. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama, pada uji t satu pihak kanan dihasilkan thitung (3,76) > ttabel (1,99) yang berarti rerata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kelompok eksperimen sebesar 100% dan kelompok kontrol sebesar 71,79%. Hasil analisis terhadap pengaruh antar variabel diperoleh besarnya koefisien determinasi (KD) adalah 24,77 % yang berarti bahwa pengaruh penggunaan strategi pembelajaran POE berbantuan LKS website terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi pokok hidrokarbon sebesar 24,77 %. Rata-rata nilai psikomotorik siswa kelas eksperimen sebesar 83,65%; sedangkan kelas kontrol sebesar 73,24%. Rata-rata nilai afektif siswa kelas eksperimen sebesar 79,66% dan kelas kontrol sebesar 74,94%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, POE, LKS website, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:05
Last Modified: 27 Aug 2012 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14365

Actions (login required)

View Item View Item