Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Media “Nilai Kehidupan” TRANS TV Bermuatan Pendidikan Nilai dengan Teknik Transformasi pada Siswa Kelas X-8 SMA Taruna Nusantara Magelang


Tomi Wahyu. Septarianto,, 2101408091 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Media “Nilai Kehidupan” TRANS TV Bermuatan Pendidikan Nilai dengan Teknik Transformasi pada Siswa Kelas X-8 SMA Taruna Nusantara Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Media “Nilai Kehidupan” TRANS TV Bermuatan Pendidikan Nilai dengan Teknik Transformasi pada Siswa Kelas X-8 SMA Taruna Nusantara Magelang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Media “Nilai Kehidupan” TRANS TV Bermuatan Pendidikan Nilai dengan Teknik Transformasi pada Siswa Kelas X-8 SMA Taruna Nusantara Magelang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru bahasa Indonesia, diketahui bahwa keterampilan menulis cerpen siswa kelas X-8 SMA Taruna Nusantara Magelang masih rendah. Hambatan yang ditemukan berasal dari siswa dan guru. Pertama, faktor dari siswa. Siswa merasa kesulitan menemukan ide yang akan dituangkan dalam cerpen. Siswa beranggapan bahwa menulis merupakan keterampilan yang sulit dikuasai karena harus mengembangkan imajinasi dan kreasi. Kedua, faktor dari guru. Guru masih belum menerapkan teknik yang tepat serta belum menggunakan media yang memudahkan siswa dalam menulis cerpen. Guru lebih cenderung menguatkan teori menulis daripada praktiknya, sehingga latihan menulis sangat minim. Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan diterapkannya pembelajaran menulis cerpen menggunakan media “Nilai Kehidupan” TRANSTV bermuatan pendidikan nilai dengan teknik transformasi Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) seberapa besar peningkatan keterampilan menulis cerpen, dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X-8 SMA Taruna Nusantara Magelang dalam menulis cerpen menggunakan media “Nilai Kehidupan” TRANS TV bermuatan pendidikan nilai melalui teknik transformasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X-8 SMA Taruna Nusantara Magelang, dan (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas X-8 SMA Taruna Nusantara Magelang dalam menulis cerpen menggunakan media “Nilai Kehidupan” TRANSTV bermuatan pendidikan nilai dengan teknik transformasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menulis cerita pendek pada kelas X-8 SMA Taruna Nusantara Magelang. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu variabel keterampilan menulis cerpen, variabel media “Nilai Kehidupan” TRANSTV bermuatan pendidikan nilai, dan variabel teknik transformasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis cerpen siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal (siswa dan guru), wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis cerpen dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X-8 SMA Taruna Nusantara Magelang. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 72,50 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,63 atau dalam kategori sangat baik. Dari pencapaian nilai dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan sebesar 13,13 atau 18,11%. Peningkatan keterampilan menulis cerpen ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Perubahan ini dibuktikan pada siklus II siswa menjadi lebih antusisas, semangat, dan aktif ketika pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis cerpen siswa kelas X-8 SMA Taruna Nusantara Magelang mengalami peningkatan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih positif setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media “Nilai Kehidupan” TRANSTV bermuatan pendidikan nilai dengan teknik transformasi. Peneliti menyarankan kepada guru Bahasa Indonesia untuk menggunakan media “Nilai Kehidupan” TRANSTV bermuatan pendidikan nilai degan teknik transformasi sebagai alternatif pembelajaran menulis cerpen karena terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Untuk praktisi pendidikan hendaknya melakukan penelitian lanjutan dengan metode, model, teknik, dan media yang berbeda untuk memperkaya alternatif pembelajaran sastra yang kreatif dan inovatif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis cerpen, media “Nilai Kehidupan” TRANS TV, teknik transformasi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:02
Last Modified: 27 Aug 2012 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14363

Actions (login required)

View Item View Item