Keefektifan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Penilaian Autentik terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Pagerbarang


Eka Oktavia, 4201408016 (2012) Keefektifan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Penilaian Autentik terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Pagerbarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Penilaian Autentik terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Pagerbarang] Microsoft Word (Keefektifan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Penilaian Autentik terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 1 Pagerbarang) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagerbarang serta untuk mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan penilaian autentik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika kelas X SMA Negeri 1 Pagerbarang. Dalam penelitian ini, pembelajaran inkuiri terbimbing dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, jika terjadi peningkatan yang signifikan dari nilai rata-rata setelah pembelajaran dan sebelum pembelajaran, pembelajaran telah memenuhi ketuntasan belajar yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata setelah pembelajaran melampaui KKM yaitu sebesar 61, serta rerata nilai g factor dalam kategori sedang atau baik. Diterapkannya penilaian autentik dalam penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar keterampilan proses siswa selama proses pembelajaran, sehingga guru akan memperoleh informasi lengkap mengenai perkembangan belajar dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan penilaian autentik dikatakan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Fisika, jika tercapai indikator kualitas pembelajaran yang terdiri dari kondisi, metode, dan hasil pembelajaran dengan baik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen yaitu membandingkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Untuk kelas eksperimen diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan penilaian autentik, sedangkan untuk kelas kontrol diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan penilaian konvensioanal. Sampelnya adalah siswa kelas X.3 dan X.5 SMA Negeri 1 Pagerbarang, dengan kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh kemampuan kognitif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sama-sama meningkat. Disamping itu, kualitas pembelajaran Fisika yang terjadi pada kelas eksperimen jauh lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan setiap guru dapat menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan penilaian autentik sebagai salah satu alternatif mengefektifkan pembelajaran Fisika di sekolah khususnya materi suhu dan kalor, guru diharapkan mampu mengkondisikan siswa untuk aktif dalam pembelajaran, serta perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan penilaian autentik pada materi ajar yang berbeda sebagai pengembangan dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Inkuiri Terbimbing, Penilaian Autentik, Kualitas Pembelajaran Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 02:24
Last Modified: 27 Aug 2012 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14349

Actions (login required)

View Item View Item