Pembuatan Bahan Ajar Fisika RSBI Berbasis Inkuiri Materi Perpindahan Kalor untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Slawi
Dwi Lestari Yulianti, 4201407065 (2011) Pembuatan Bahan Ajar Fisika RSBI Berbasis Inkuiri Materi Perpindahan Kalor untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Slawi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pembuatan Bahan Ajar Fisika RSBI Berbasis Inkuiri Materi Perpindahan Kalor untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Slawi)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penggunaan bahan ajar fisika RSBI materi perpindahan kalor dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode pembelajaran yang digunakan adalah inkuiri. Penelitian pengembangan ini meliputi analisis kurikulum, pembuatan RPP, desain bahan ajar fisika berbasis inkuiri, validasi bahan ajar, uji kelayakan, uji coba bahan ajar, produk bahan ajar fisika berbasis inkuiri. Perbedaan antara bahan ajar yang dibuat oleh peneliti dengan bahan ajar yang biasa digunakan yaitu bahan ajar yang dibuat peneliti lebih banyak menekankan pada percobaan. Informasi tentang materi pelajaran diperoleh dari hasil percobaan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.8 SMA Negeri 1 Slawi semester II tahun ajaran 2010/2011. Dari hasil analisis data diperoleh bahan ajar fisika termasuk kategori sangat layak, sedangkan dari tingkat keterbacaan bahan ajar termasuk kedalam kategori mudah dipahami. Hasil belajar kognitif diperoleh dari tes evaluasi. Hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi dan hasil kemampuan berpikir kritis diperoleh dari lembar berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar fisika berbasis inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Agar penerapan bahan ajar fisika RSBI berbasis inkuiri lebih maksimal dan efektif, diharapkan peneliti lebih mengintensifkan proses pembimbingan kepada siswa ketika melakukan percobaan sehingga alokasi waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Inkuiri, Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 27 Aug 2012 02:16 |
Last Modified: | 27 Aug 2012 02:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14347 |
Actions (login required)
View Item |