Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Model berpikir Berpasangan Berbagi berdasarkan Gaya Belajar V-A-K pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Kertek


Annisa Citra.Sparina, , 2101408034 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Model berpikir Berpasangan Berbagi berdasarkan Gaya Belajar V-A-K pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Kertek. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Model berpikir Berpasangan Berbagi berdasarkan Gaya Belajar V-A-K pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Kertek] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Model berpikir Berpasangan Berbagi berdasarkan Gaya Belajar V-A-K pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Kertek) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII E masih perlu ditingkatkan. Teks berita yang ditulis siswa tidak runtut dan tidak lengkap unsur-unsurnya, kalimat tidak padu, judul tidak jelas, dan penulisan yang belum sesuai dengan EYD. Dilihat dari faktor internal, kurangnya minat siswa menyebabkan teks berita yang dihasilkan kurang maksimal. Lemahnya keterampilan menulis teks berita siswa juga dapat disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Masalahan penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks berita dan bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kertek setelah diberikan model berpikir berpasangan berbagi berdasarkan gaya belajar V-A-K. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks berita dan perubahan perilaku siswa kelas kelas VIII E SMP Negeri 1 Kertek setelah diberikan model berpikir berpasangan berbagi berdasarkan gaya belajar V-A-K. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita dari siswa SMP. Sumber penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Kertek dengan jumlah 32 siswa. Dari hasil penelitian diketahui skor keterampilan menulis teks berita rata-rata kelas pada tes prasiklus sebesar 60,63. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 7,84 menjadi 68,47. Setelah dilakukan tindakan siklus II, skor rata-rata siswa meningkat sebesar 9,91. Skor rata-rata kelas pada tes siklus II mencapai 78,38 dengan kategori baik dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Peningkatan tersebut diikuti perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa lebih aktif selama pembelajaran, siswa dapat bekerja sama dengan pasangannya, serta lebih percaya diri ketika berbagi pendapat dengan temannya. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa dan sastra Indonesia menggunakan model berpikir perpasangan berbagi berdasarkan gaya belajar V-A-K. Para peneliti bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, teks berita, model berpikir berpasangan berbagi, gaya belajar V-A-K.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:59
Last Modified: 27 Aug 2012 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14345

Actions (login required)

View Item View Item