Pengaruh Penerapan Model Pembelajran POE (predict-observe- explain) dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Siswa IPA di SMP


Ika Istiana, 4201405510 (2012) Pengaruh Penerapan Model Pembelajran POE (predict-observe- explain) dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Siswa IPA di SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajran POE (predict-observe- explain) dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Siswa IPA di SMP] Microsoft Word (Pengaruh Penerapan Model Pembelajran POE (predict-observe- explain) dengan Pendekatan Problem Posing terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Siswa IPA di SMP) - Published Version
Download (44kB)

Abstract

Kelemahan siswa dalam belajar IPA yaitu, kurangnya keterlibatan siswa, komunikasi dan kerjasama dalam proses belajar mengajar, pemahaman yang rendah terhadap materi yang disampaikan, ditunjukkan dengan rata-rata nilai 68 dibawah KKM yaitu 71. Rendahnya pemahaman siswa disebabkan kurangnya minat belajar, rendahnya minat belajar disebabkan model pembelajaran kurang menarik. Oleh karena itu, diterapkan model pembelajaran POE (predict-observe- explain) dengan pendekatan problem posing, dimana siswa terlibat untuk mempredisi, mengamati, membuat soal sekaligus menjawabnya serta menjelaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model POE (predict-observe-explain) dengan pendekatan problem posing terhadap minat belajar dan pemahaman IPA. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Ma’arif NU 1 Ajibarang kelas VIII tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling menghasilkan kelas VIIIB sebagai kelompok eksperimen dan VIIIC sebagai kelompok kontrol. Pengambilan data menggunakan cara tes, angket, observasi dan dokumantasi. Analisis data dilakukan pada tahap awal dan akhir. Analisis data awal meliputi analisis uji coba instrumen, uji normalitas, homogenitas untuk mengetahui keadaan awal populasi. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, kesamaan dua varians, perbedaan dua rata-rata, uji regresi linier sederhana, analisis unjuk kerja siswa, analisis sikap siswa dan analisis tanggapan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar dan pemahaman siswa kelompok eksperimen lebih baik dari pada rata-rata minat belajar dan pemahaman siswa kelompok kontrol. Penerapan model pembelajaran POE (predict-observe-explain) dengan pendekatan problem posing memiliki pengaruh yang sangat kuat dengan minat belajar yaitu sebesar 67,17% dan memiliki pengaruh yang kuat dengan pamahaman siswa yaitu sebesar 49,66%. Oleh karena itu disarankan agar model pembelajaran POE (predict-observe- explaian) dengan pendekatan problem posing diterapkan sebagai solusi bagi guru IPA guna meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, pengaruh, minat belajar, pemahaman, metode POE (predict-observe-explain) dan pendekatan problem posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:26
Last Modified: 27 Aug 2012 01:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14328

Actions (login required)

View Item View Item