Hasil Belajar Klasifikasi Tumbuhan dengan Memanfaatkan Kebun Wisata Pendidikan Unnes pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Asror


Avif Intan Linawati, 4401407062 (2012) Hasil Belajar Klasifikasi Tumbuhan dengan Memanfaatkan Kebun Wisata Pendidikan Unnes pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Asror. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hasil Belajar Klasifikasi Tumbuhan dengan Memanfaatkan Kebun Wisata Pendidikan Unnes pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Asror] Microsoft Word (Hasil Belajar Klasifikasi Tumbuhan dengan Memanfaatkan Kebun Wisata Pendidikan Unnes pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Asror) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Hasil wawancara dengan siswa dan guru MTs. Al Asror menunjukkan bahwa proses belajar mengajar sudah cukup baik. Kegiatan pembelajaran di sekolah masih menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Guru belum memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Kebun Wisata Pendidikan Unnes memiliki keanekaragaman hayati yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar klasifikasi tumbuhan dengan memanfaatkan kebun Wisata Pendidikan pada siswa MTs. Al Asror. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Al Asror Gunungpati Semarang tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian kelas VIIA dan VIIB, diambil dengan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Kebun Wisata Pendidikan Unnes, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar klasifikasi tumbuhan pada siswa MTs. Al Asror. Penelitian ini menggunakan metode pre experimental dengan desain one shot case study. Cara pengambilan data diperoleh dari: LKS, post tes, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kinerja guru, serta angket tanggapan siswa dan guru. Metode analisis data dengan teknik deskriptif kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase hasil belajar siswa selama proses pembelajaran adalah 85% siswa kelas VIIA dan 90% siswa kelas VIIB dinyatakan tuntas dengan KKM ≥ 75. Siswa yang tidak tuntas secara keseluruhan adalah 10 siswa dari 80 siswa yang diteliti. Pada kelas VIIA nilai tertinggi 92.00 dan nilai terendah 63.33, sedangkan kelas VIIB nilai tertinggi 91.67 dan nilai terendah 66.33.Rata-rata kelas VIIA 79.64 dan kelas VIIB 80.55. Aktivitas selama proses pembelajaran pada kelas VIIA dan VIIB dapat dikategorikan aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar klasifikasi tumbuhan dengan memanfaatkan kebun Wisata Pendidikan pada siswa MTs. Al Asror mencapai KKM ≥ 75.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, klasifikasi tumbuhan, Kebun Wisata Pendidikan Unnes
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:18
Last Modified: 27 Aug 2012 01:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14324

Actions (login required)

View Item View Item