Pengembangan Bilingual Interactive Multimedia Sistem Saraf di SMA N 1 Salatiga


Nurida A’sha Fajarsari, 4401407057 (2012) Pengembangan Bilingual Interactive Multimedia Sistem Saraf di SMA N 1 Salatiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Bilingual Interactive Multimedia Sistem Saraf di SMA N 1 Salatiga] Microsoft Word (Pengembangan Bilingual Interactive Multimedia Sistem Saraf di SMA N 1 Salatiga) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Berkembangnya teknologi memacu berkembangnya media pembelajaran. Hal ini didukung dengan adanya peralatan yang ada di sekolah-sekolah seperti komputer, LCD proyektor dan ruang multimedia. Multimedia interaktif merupakan media pembelajaran yang memungkinkan guru menggunakannya sebagai alat bantu pembelajaran dan siswa dapat menggunakannya untuk belajar sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan efektifitas penerapan Bilingual Interactive Multimedia (BIM) sistem saraf di SMA N 1 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA SMA N 1 Salatiga. Penelitian ini melalui tahapan mengidentifikasi potensi dan masalah, pengembangan draf, validasi pakar, uji coba instrumen, implementasi, uji coba produk, sehingga dihasilkan produk final. BIM valid digunakan apabila hasil penilaian dari pakar menunjukkan hasil lebih dari 70 %. Hasil penilaian BIM dari pakar materi menunjukkan kriteria “baik”, pakar bahasa “sangat baik, dan pakar media juga “sangat baik”. BIM yang dikembangkan juga efektif diterapkan pada pembelajaran sistem saraf, dengan ketuntasan KKM klasikal sebesar 70,97% dengan nilai rata-rata kelas 77,31. Hasil uji t menjunjukkan nilai t sebesar -2.028, ada perbedaan signifikan antara kelompok yang menggunakan BIM dan pembelajaran dengan power point biasa. BIM yang dikembangkan valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran sistem saraf di SMA N 1 Salatiga, perlu diimplementasi pada subyek lain dan dapat dimasukkan dalam website.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bilingual Interactive Multimedia, sistem saraf, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:16
Last Modified: 27 Aug 2012 01:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14323

Actions (login required)

View Item View Item