Keberterimaan Alumni Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini


Dewi Suryani,, 1601408036 (2012) Keberterimaan Alumni Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keberterimaan	Alumni	Program	Studi	Pendidikan	Guru Pendidikan  Anak  Usia  Dini  di  Lembaga  Pendidikan  Anak  Usia  Dini] Microsoft Word (Keberterimaan Alumni Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini) - Published Version
Download (18kB)

Abstract

Untuuk mengetahui keberterimaan alumni secara pribadi maupun sosial serta peran serta alumni Program studi PG PAUD UNNES di lembaga pendidikan tempat alumni mengajar, maka diadakan penelitian survey kepada alumni program studi PG PAUD UNNES dan kepala sekolah tempat alumni program studi PG PAUD mengajar. Penting sekali mengetahui tingkat keberterimaan alumni baik secara pribadi maupun sosial. Keberterimaan diri digunakan sebagai acuan bahwa program studi PG PAUD sudah memenuhi kebutuhan alumni. Sedangkan keberterimaan sosial untuk mengetahui bahwa alumni PGPAUD UNNES telah memenuhi kebutuhan lembaga PAUD tempat alumni mengajar. Serta peran serta alumni dalam kegiatan di lembaga, organisasi profesi dan masyarakat. Keberterimaan adalah hal atau keadaan berterima (dapat diterima) atau persetujuan terhadap apa yang terjadi pada dirinya sekarang. Respon terhadap apa yang terjadi dalam setiap kehidupan. Apa yang dimiliki sekarang, dan apa yang dialami. Keberterimaan diri adalah kesepakatan dengan diri sendiri untuk menghargai, memvalidasi, menerima dan mendukung siapa diri pribadi saat ini, mencintai dan bahagia dengan siapa dirinya sekarang, Keberterimaan sosial adalah kemampuan menerima atau mentolerer perbedaan dan keberagaman pada orang lain atau kelompok lain. Peran serta adalah keterlibatan alumni dalam kegiatan di lembaga atau organisasi profesi. Alumni adalah tamatan atau lulusan suatu sekolah atau perguruan tinggi. Kepala sekolah adalah pemimpin tertinggi di sekolah. Lembaga Pendidikan adalah tempat atau lokasi mengajar. Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendekatan penelitian menggunakan metode survey deskriptif. Populasi adalah alumni PG PAUD UNNES. Sampel adalah alumni PG PAUD UNNES yang berjumlah 23 orang. Variabelnya adalah keberterimaan diri, keberterimaan sosial dan peran serta alumni PG PAUD UNNES. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa rata-rata keberterimaan diri alumni sangat positif sebagai alumni PG PAUD UNNES dan keberterimaan sosial juga rata-rata sangat positif sebagai alumni PG PAUD UNNES. Baik yang diungkapkan oleh alumni sendiri dalam angket maupun seperti yang diungkapkan kepala sekolah. Peran serta alumni juga sangat positif, atau aktif di lembaga maupun dalam organisasi. Meskipun ada hal-hal yang perlu dikembangkan di program studi PG PAUD UNNES.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keberterimaan,Alumni,PG PAUD
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:06
Last Modified: 27 Aug 2012 01:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14317

Actions (login required)

View Item View Item