Kompetensi Alumni PG PAUD di Lembaga Pendidikan (Survey pada Alumni PG PAUD FIP UNNES)


Decik Dian.Pratiwi, , 1601408021 (2012) Kompetensi Alumni PG PAUD di Lembaga Pendidikan (Survey pada Alumni PG PAUD FIP UNNES). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kompetensi Alumni PG PAUD di Lembaga Pendidikan (Survey pada Alumni PG PAUD FIP UNNES] Microsoft Word (Kompetensi Alumni PG PAUD di Lembaga Pendidikan (Survey pada Alumni PG PAUD FIP UNNES) - Published Version
Download (18kB)

Abstract

Menyiapkan pendidik PAUD yang mampu mengasuh dan membimbing anak usia dini merupakan keharusan. Keterlaksanaan tugas seorang guru PAUD tentunya harus didukung oleh beberapa kompetensi yang harus dikuasai oleh guru, diantaranya pedagogik, kepribadian, sosial, professional. PG PAUD FIP UNNES sudah berusaha untuk memberikan bekal terbaik berupa kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki lulusan sebagai guru atau pendidik, untuk terjun ke dunia PAUD. Tingkat kesuksesan suatu lembaga pendidikan tenaga kependidikan dapat dilihat dari tingginya kompetensi yang dimiliki oleh para lulusannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional alumni PG PAUD FIP UNNES di lembaga pendidikan. UU Nomor 14 Tahun 2005 menjelaskan bahwa kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dan dosen dalam melakukan tugas profesinya. Penelitian ini menggunakan metode survey yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan pertanyaan yang sama kepada banyak orang untuk kemudian seluruh jawaban dicatat, diolah dan dianalisis (Prasetyo, 2008). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh alumni PG PAUD FIP UNNES 2012. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 23 responden. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil analisis deskriptif presentase menunjukkan bahwa nilai kompetensi pedagogik alumni PG PAUD sebesar 86.83%, kompetensi kepribadian sebesar 87.85%, kompetensi sosial sebesar 86.16%, ketiga kompetensi tersebut termasuk dalam ketegori sangat tinggi, dan kompetensi professional sebesar 80.50% termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata kompetensi alumni PG PAUD FIP UNNES di lembaga pendidikan masih tergolong sangat tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa nilai kompetensi tertinggi adalah pada kompetensi kepribadian dengan kategori sangat tinggi. Nilai terendah terdapat pada kompetensi professional dengan nilai yang termasuk dalam kategori tinggi. Simpulan tersebut dapat melahirkan saran bahwa Untuk jurusan PG PAUD FIP UNNES diharapkan dapat memberikan bekal kompetensi yang lebih maksimal lagi. Khususnya pada kompetensi yang memiliki nilai terendah, yaitu kompetensi professional. Untuk alumni sebaiknya lebih meningkatkan kompetensinya supaya dapat lebih maksimal dalam mencerdaskan anak bangsa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Alumni PG PAUD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 01:02
Last Modified: 27 Aug 2012 01:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14314

Actions (login required)

View Item View Item