Reaksi Transesterifikasi Minyak kelapa dengan Metanol menggunakan Katalis Bentonit


Eka Purwaningsih, 4350407028 (2012) Reaksi Transesterifikasi Minyak kelapa dengan Metanol menggunakan Katalis Bentonit. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Reaksi Transesterifikasi Minyak kelapa dengan Metanol menggunakan Katalis Bentonit] Microsoft Word (Reaksi Transesterifikasi Minyak kelapa dengan Metanol menggunakan Katalis Bentonit) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Bahan bakar minyak bumi merupakan sumber energi dengan konsumsi terbesar saat ini, penggunaan yang terus menerus mengakibatkan krisis bahan bakar minyak bumi. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu energi alternatif yang terbarukan salah satunya biodiesel dari minyak kelapa. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu berapa rasio mol metanol dan minyak kelapa agar diperoleh hasil yang tinggi dan bagaimana pengaruh konsentrasi katalis bentonit pada reaksi transesterifikasi minyak kelapa dan metanol. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu mengetahui rasio mol metanol dan minyak kelapa agar diperoleh hasil yang tinggi, dan pengaruh katalis bentonit dalam reaksi transesterifikasi minyak kelapa dan metanol. Metoda yang digunakan yaitu reaksi transesterifikasi minyak kelapa dan metanol dengan rasio mol (4:1; 3:1; 2:1; 1:1) dan variasi katalis bentonit (1,0%; 1,5%; 2,0%; 2,5%). Waktu reaksi transesterifikasi 3 jam dengan suhu reaksi 650C dan pengadukan konstan 400 rpm. Hasilnya dikarakterisasi dengan XRD, FTIR, GC dan GCMS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rasio mol yang memberikan hasil tertinggi yaitu rasio 4:1 dan variasi katalis bentonit 1%. Hasil metil alkanoat rasio 4:1 yaitu 11,46% dengan komposisi 1,15% metil oktanoat; 3,80% metil kaprat; 5,83% metil laurat; 0,35% metil miristat dan 0,32% metil palmitat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: transesterifikasi, metanol, minyak kelapa, bentonit
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2012 01:49
Last Modified: 26 Aug 2012 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14276

Actions (login required)

View Item View Item