Fabrikasi dan Karakterisasi Sifat Listrik Kaca Cult yang didoping Serbuk Besi


Solechan, 4250407023 (2011) Fabrikasi dan Karakterisasi Sifat Listrik Kaca Cult yang didoping Serbuk Besi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Fabrikasi dan Karakterisasi Sifat Listrik Kaca Cult yang didoping Serbuk Besi] Microsoft Word (Fabrikasi dan Karakterisasi Sifat Listrik Kaca Cult yang didoping Serbuk Besi) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh penambahan doping serbuk besi pada kaca cult. Sampel disiapkan dengan menggunakan porsi bahan doping sebanyak 2%, 3%, 4%, 5% dan 6% dari jumlah serbuk cult. Campuran serbuk cult dan serbuk besi dicetak dengan tekanan sekitar 3 ton, selanjutnya disintering pada suhu 750° C selama 2,5 jam. Karakterisasi yang dilakukan meliputi pengukuran resistivitas, pengukuran massa jenis, uji kekerasan dan analisis struktur bahan dengan menggunakan XRD. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa penambahan doping sangat berpengaruh terhadap nilai resistivitasnya. Nilai resistivitas pada penambahan doping 2% dan 3% meningkat, kemudian penambahan doping mulai dari 4%, 5% dan 6% menunjukkan penurunan nilai resistivitas. Karakterisasi sifat mekanik dihasilkan uji kekerasannya sebesar 99 HRB dengan menggunakan alat Rockwell dan penambahan doping tidak berpengaruh terhadap nilai massa jenisnya karena nilai massa jenis yang dihasilkan selisihnya tidak banyak. Hasil karakterisasi XRD membuktikan bahwa zat yang terkandung didalam sample mengandung besi (Fe) pada puncak tertinggi yaitu pada 2θ 41,95°.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kaca Cult, Sintering, Resistivitas
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QE Geology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2012 01:15
Last Modified: 26 Aug 2012 01:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14270

Actions (login required)

View Item View Item