Pemodelan Fisis Aplikasi Metode Geolistrik Untuk Identifikasi Fosfat Dalam Batuan Gamping


Siti Ulien Nadliroh, 4250407015 (2012) Pemodelan Fisis Aplikasi Metode Geolistrik Untuk Identifikasi Fosfat Dalam Batuan Gamping. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemodelan Fisis Aplikasi Metode Geolistrik Untuk Identifikasi Fosfat Dalam Batuan Gamping] Microsoft Word (Pemodelan Fisis Aplikasi Metode Geolistrik Untuk Identifikasi Fosfat Dalam Batuan Gamping) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Fosfat adalah salah satu bahan galian yang mengandung senyawa P2O5. Deposit fosfat banyak ditemukan di gunung Watukendong - gunung Gledeg yang terletak di Pati tepatnya di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Sukolilo, Kecamatan Kayen dan Kecamatan Tambakromo. Fosfat banyak dijumpai pada singkapan dinding-dinding batu gamping dan masuk dalam urat-urat batu gamping. Untuk mengetahui lebih jauh tentang keberadaan fosfat dalam batu gamping, maka perlu dilakukan uji lab dengan metode geofisika. Penelitian ini merupakan suatu studi geofisika berupa pemodelan fisis yang memanfaatkan metode geolistrik tahanan jenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi fosfat melalui tahanan jenis batuan fosfat yang yang berada dalam batuan gamping menggunakan metode geolistrik tahanan jenis konfigurasi pole-pole. Pada penelitian ini dilakukan penanaman batuan gamping dan batuan gamping fosfat secara bergantian ke dalam tanah yang kemudian diukur dengan menggunakan metode geolistrik konfigurasi pole-pole. Data yang diperoleh diolah menggunakan perangkat lunak Res3Dinv. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian tanah sebelum ditanami batuan memiliki harga resistivitas 2.4 Ωm - 195 Ωm. Penelitian tanah setelah ditanami batuan gamping memiliki harga resisitivitas 9.3 Ωm - 591 Ωm dengan harga resistivitas batuan gamping 591 Ωm. Penelitian tanah setelah ditanami batuan gamping fosfat memiliki harga resistivitas 5.3 Ωm - 255 Ωm dengan harga resistivitas batuan gamping fosfat 255 Ωm dan harga resisitivitas fosfat 147 Ωm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fosfat, Geolistrik, pole-pole, Res3Dinv
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QE Geology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2012 01:12
Last Modified: 26 Aug 2012 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14269

Actions (login required)

View Item View Item