Pola Permintaan Sepeda Bagi Karyawan Universitas Negeri Semarang


Tri Wibowo, 5101407008 (2012) Pola Permintaan Sepeda Bagi Karyawan Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pola Permintaan Sepeda Bagi Karyawan Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (Pola Permintaan Sepeda Bagi Karyawan Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Program sepeda kampus Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu program untuk mewujudkan Universitas Konservasi yaitu universitas yang perduli terhadap kelestarian lingkungan. Adanya sepeda kampus diharapkan mampu mengurangi emisi yang berasal dari kendaraan ber-BBM. Program sepeda kampus ditujukan bagi semua civitas akademik, namun penggunaan sepeda sebagai transportasi internal terlihat belum maksimal. Yang menjadi subyek dalam skripsi ini adalah karyawan Universitas Negeri Semarang kampus Sekaran. Permasalahan yang dikaji adalah faktor apa yang menjadi penyebab rendahnya minat bersepeda dikampus serta bagaimana kesiapan sarana dan prasarana guna menunjang program sepeda kampus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, yang mana data yang diperoleh berupa data diskrit akan dijabarkan secara deskriptif. Sampel yang digunakan adalah karyawan UNNES kampus Sekaran, dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan Stratified Cluster Sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi lapangan, kuesioner dan dokumentasi. Proses observasi dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap pertama berupa observasi awal (survey) yang berisi dengan kegiatan pengecekan lokasi dan sasaran penelitian. Tahap kedua sebagai peneliti inti dengan kegiatan pengumpulan data dan bahan yang dibutuhkan dalam pembahasan masalah. Data – data yang diperoleh dilakukan analisis data melalui langkah analisis data berupa reduksi data,penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pola permintaan sepeda bagi karyawan sangat rendah. Pelaksanaan program sepeda kampus belum berjalan secara maksimal disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yang terkait dengan sarana prasarana pendukung program sepeda kampus antara lain masih kurangnya fasilitas pendukung program sepeda kampus. Faktor lainnya dipengaruhi oleh kondisi geografis Universitas Negeri Semarang sendiri yang memiliki kemiringan kurang lebih 15% serta dipengaruhi oleh faktor internal dari karyawan sendiri. Hal yang perlu dipertimbangkan agar program sepeda kampus berjalan sesuai dengan visi dan misi konservasi Unnes adalah dengan segera membangun fasilitas pendukung yang lebih baik. Serta diperlukan kesadaran dari setiap pihak akan pentingnya bersepeda guna mewujudkan lingkungan kawasan kampus dengan kualitas udara yang bersih terbebas dari emisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola permintaan, sepeda kampus, sarana prasarana
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2012 00:49
Last Modified: 26 Aug 2012 00:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14262

Actions (login required)

View Item View Item