Pra Perencanaan Terminal Antar Moda (Sepeda Dan Sepeda Motor) Di Zona Tengah Universitas Negeri Semarang


Eko Baskoro, 5101407004 (2011) Pra Perencanaan Terminal Antar Moda (Sepeda Dan Sepeda Motor) Di Zona Tengah Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pra Perencanaan Terminal Antar Moda (Sepeda Dan Sepeda Motor) Di Zona Tengah Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (Pra Perencanaan Terminal Antar Moda (Sepeda Dan Sepeda Motor) Di Zona Tengah Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Pra Perencanaan terminal antar moda (sepeda dan sepeda motor) di Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu program untuk mengembangkan Universitas Konservasi yaitu universitas yang perduli terhadap kelestarian lingkungan. Desain terminal yang telah dibuat, bertujuan untuk membuat sarana parkir sentral dan tempat bertukar moda antara sepeda motor dan sepeda di zona tengah Universitas Negeri Semarang. Data jumlah volume kendaraan sepeda motor di zona tengah Universitas Negeri Semarang digunakan sebagai dasar perencanaan dalam menentukan jumlah KRP terminal. Penataan parkir dan pola pengkajian terminal mengacu pada Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, (Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, 1996). Serta penataan terminal dan pola pengkajiannya juga mengacu pada Keputusan Menteri Perhubungan, Nomor 31 Tahun 1995 Tentang Terminal Transportasi Jalan. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana mendesain terminal yang sesuai untuk di terapkan di lingkungan Universitas Negeri Semarang serta fasilitas apa saja yang di perlukan dan dapat mendukung program penggunaan sepeda sebagai alat transportasi lingkup Universitas Negeri Semarang dapat terlaksana. Metode pada penelitian ini adalah dengan observasi lapangan tentang kondisi fisik dan luas lahan terminal, observasi pada bengkel sepeda, observasi pada rak sepeda di Universitas Negeri Semarang, wawancara untuk kebutuhan bengkel sepeda di Universitas Negeri Semarang mengenai kebutuhan apa saja yang di perlukan untuk bengkel sepeda di Universitas Negeri Semarang. Serta membuat posisi parkir sepeda selang-seling untuk efisiensi ruang SRP dan kemudahan dalam pengambilan atau pengembalian sepeda. Setelah penelitian selesai dilakukan dilakukan perancangan dengan menggunakan data-data hasil penelitian dan kajian pustaka yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dibuat gambar perencanaan terminal, maka didapat jumlah SRP untuk sepeda motor sebanyak 1350 buah sepeda motor dengan pola parkir pulau dan sepeda sebanyak 1161 buah sepeda dengan posisi parkir selang-seling, serta beberapa fasilitas pendukung terminal diantaranya ruang pengelola, ruang penjaga, mushola, bengkel, dan lavalatory. Dari hasil penelitian yang dilakukan, saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah hendaknya Universitas Negeri Semarang merealisasikan pembuatan terminal antar moda ini agar civitas akademika dapat menggunakan fasilitas tersebut dan dapat mendukung berkembangnya program Universitas Konservasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pra Perencanaan, Terminal Antar Moda, Zona Tengah
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2012 00:45
Last Modified: 26 Aug 2012 00:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14261

Actions (login required)

View Item View Item