Peran Bendungan Serbaguna Wonogiri Bagi Perekonomian Masyarakat Kabupaten Wonogiri Tahun 1975-2005


Nova Yuhansih, 3150408015 (2012) Peran Bendungan Serbaguna Wonogiri Bagi Perekonomian Masyarakat Kabupaten Wonogiri Tahun 1975-2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peran Bendungan Serbaguna Wonogiri Bagi Perekonomian Masyarakat Kabupaten Wonogiri Tahun 1975-2005] Microsoft Word (Peran Bendungan Serbaguna Wonogiri Bagi Perekonomian Masyarakat Kabupaten Wonogiri Tahun 1975-2005) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Kabupaten Wonogiri merupakan wilayah daerah yang tanahnya gersang, sehingga pada musim kemarau mengalami kekeringan dan menyebabkan larang pangan, sedangkan pada musim penghujan mengalami kebanjiran. Hal inilah yang menjadikan pemerintah prihatin terhadap Kabupaten Wonogiri. Melalui Surat Keputusan Presiden dimulailah pembangunan Bendungan Serbaguna Wonogiri direncanakan pada tahun 1975, mulai dibangun pada tahun 1976, diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1978. Pembangunan Bendungan Serbaguna Wonogiri mempunyai peran yang sangat besar bagi kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kabupaten Wonogiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana proses pembangunan Bendungan Serbaguna Wonogiri. 2).Bagaimana pemanfaatan Bendungan Serbaguna bagi pembangunan Kabupaten Wonogiri. 3). Bagaimana pengaruhnya terhadap perekonomian masyarakat Kabupaten Wonogiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yaitu meliputi: heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengetahui peran pembangunan Bendungan Serbaguna Wonogiri. 2). Mengetahui pemanfaatan Bendungan Serbaguna Wonogiri dari tahun 1975-2005. 3). Mengetahui pengaruhnya terhadap ekonomi masyarakat sekitar Bendungan Serbaguna Kabupaten Wonogiri tahun 1975-2005 Hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa Bendungan Serbaguna Wonogiri dibangun untuk pengendali banjir, irigasi, perikanan, pembangkit listrik tenaga air (PLTA), rekreasi, dan terciptanya lapangan kerja baru. Kabupaten Wonogiri merupakan kabupaten yang daerahnya dikelilingi oleh pegunungan kapur. Manfaat setelah dibangun Bendungan serbaguna Wonogiri kehidupan sosial masyarakat Kabupaten Wonogiri meningkat dengan pesat, tingkat kesehatan masyarakat membaik karena makanan yang dikonsumsi sesuai standart, gizi tercukupi sehingga anak-anak sekolah menjadi cerdas, tidak ada isak tangis lagi masyarakat karena kebanjiran dimusim hujan dan kekeringan dimusim kemarau, adanya perbaikan sarana dan prasarana. Kehidupan ekonomi yaitu meningkatnya pendapatan masyarakat dibidang pertanian dengan hasil panen yang meningkat hingga 3x lipat. Dibidang perikanan meningkatnya hasil tangkapan nelayan dan karamba yang berlipat-lipat, dibidang peternakan meningkatnya jumlah populasi ternak, serta terciptanya lapangan kerja baru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Bendungan Serbaguna Wonogiri, Sosial Ekonomi
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2012 11:27
Last Modified: 25 Aug 2012 11:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14222

Actions (login required)

View Item View Item