Peningkatan Keterampilan Siswa Menulis Karangan Deskripsi Melalui Gambar Seri pada Kelas V SD Negeri 03 Banjaran, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang” Tahun Pelajaran 2010/2011


JUNAEDI, 1404908009 (2011) Peningkatan Keterampilan Siswa Menulis Karangan Deskripsi Melalui Gambar Seri pada Kelas V SD Negeri 03 Banjaran, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang” Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Siswa Menulis Karangan Deskripsi Melalui Gambar Seri pada Kelas V SD Negeri 03 Banjaran, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang” Tahun Pelajaran 2010/2011 ] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Siswa Menulis Karangan Deskripsi Melalui Gambar Seri pada Kelas V SD Negeri 03 Banjaran, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang” Tahun Pelajaran 2010/2011 ) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Proses pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama aspek menulis belum membuahkan hasil optimal. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang peneliti lakukan selama ini belum mengaktifkan siswa. Siswa hanya mendengar ceramah semata. Dengan sekadar ceramah dan tidak didukung dengan kreativitas mengajar, maka itu berarti tidak memberikan kesempatan yang luas bagi keaktifan siswa untuk berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran. Hal demikianlah yang akan menimbulkan rasa bosan pada siswa, sehingga akan berpengaruh negatif terhadap pengusaan materi pelajaran Menyikapi permasalahan di atas, maka dipandang perlu untuk menerapkan model pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pelajaran menulis dengan teknik menulis karangan deskripsi melalui gambar seri. Dengan pembelajaran ini sudah barang tentu ada banyak nilai tambah yang dapat diperolehnya terutama bagi siswa. Teknik menulis karangan ini sangatlah mudah dilaksanakan, karena hanya menggunakan gambar-gambar sebagai medianya. Dengan mengaitkan gambar cerita secara berseri serta disajikan pilihan kata kunci, maka siswa akan begitu mudahnya menuliskannya menjadi sebuah bangunan karangan deskripsi. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa kelas V SDN 03 Banjaran, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2010/2011 bagi 38 siswa, dimana penelitian dilaksanakan melalui dua siklus dengan mencakup empat tahap yaitu : (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting), menunjukkan peningkatan berarti dari siklus ke siklus. Peningkatan keaktifan siswa dan kinerja guru melalui penelitian, terindikasi dengan meningkatnya secara signifikan, baik penulisan materi oleh siswa serta meningkatnya kinerja guru sebagaimana dapat peneliti sajikan data berikut ini. Pertama, meningkatnya keaktifan siswa dari 57,60 % sebelum diadakannnya penelitian menjadi 87,78 % pada penelitian siklus II. Kedua, meningkatnya kinerja guru dari kategori “cukup” sebelum penelitian, menjadi kategori “baik” pada penelitian siklus I. Sedangkan kategori “baik” pada penelitian siklus I meningkat menjadi kategori “sangat baik” pada penelitian siklus II. Ketiga, kemampuan siswa dalam menulis pun meningkat, dari nilai rata-rata 60,18 (ketuntasan klasikal 21,06 %) sebelum penelitian, menjadi 65,84 (ketuntasan klasikal 73,69 %) pada penelitian siklus I. Adapun dai data siklus I nilai rat-rata meningkat menjadi 70,44 (ketuntasan klasikal 84,21 %) pada penelitian tindakan kelas siklus II. Dengan hasil penelitian yang tersaji di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik menulis karangan deskripsi melalui media gambar seri dalam proses pembelajaran menulis, dapat meningkatkan keaktifan siswa dan kinerja guru serta dapat meningkatkan penguasaan materi pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama aspek menulis. Simpulan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi guru untuk berupaya menciptakan suasana pembelajaran kreatif dan inovatif demi memperoleh hasil maksimal dalam kinerjanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: karangan deskripsi, gambar seri, teknik menulis.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 08:04
Last Modified: 24 Aug 2012 08:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14202

Actions (login required)

View Item View Item