Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Penerapan Model Interaktif Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Randugarut Semarang


KIRJIYAN, 1402907254 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Penerapan Model Interaktif Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Randugarut Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Penerapan Model               Interaktif Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Randugarut Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Penerapan Model Interaktif Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Randugarut Semarang) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Latar belakang pengambilan masalah penelitian bahwa dalam pembelajaran IPA kelas IV di SD Negeri Randugarut Semarang prestasi belajar siswa rendah. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang diterapkan kurang variatif. Guru lebih banyak menyampaikan materi pembelajaran dengan metode ceramah, penggunaan metode kurang pas. Oleh karena itu penyusun mengadakan penelitian menerapkan pembelajaran interaktif, sebab melalui pembelajaran interaktif aktivitas siswa dan keterampilan guru dapat meningkat. Seiring peningkatan tersebut prestasi belajar siswa akan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan aktivitas,kreativitas dan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Randugarut Semarang? Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran interaktif dengan langkah-langkah memotivasi siswa, menyampaikan topik pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran, membentuk kelompok kerja, merumuskan masalah untuk dipecahkan melalui kerja kelompok, siswa menetapkan hipotesa, siswa mencari informasi dan fakta untuk menjawab kebenaran hipotesa, siswa menarik kesimpulan dan mengaplikasikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam proses pembelajaran IPA melalui pembelajaran interaktif di kelas IV SD Negeri Randugarut Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan (planning), melakukan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting atau evaluating). Pelaksanaan tindakan menggunakan pembelajaran interaktif terhadap 23 siswa kelas IV SD Negeri Randugarut Semarang dan diperoleh hasil Setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran siklus I siswa yang dinyatakan tuntas meningkat menadi 6 siswa (26,1%). Sedangkan setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran siklus II terjaadi peningkatan yang cukup signifikan siswa yang dinyatakan tuntas menjadi 20 siswa atau ( 86,9 %), perbaikan pembelajaran dinyatakan sudah berhasil dan cukup sampai pada siklus II, karena ketuntasan belajar siswa sudah lebih dari 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa dan keterampilan guru di kelas IV SD Negeri Randugarut Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Kualitas pembelajaran, Pembelajaran interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Aug 2012 07:37
Last Modified: 24 Aug 2012 07:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14197

Actions (login required)

View Item View Item